Sukses

Nasib 362 WNI yang Negatif Virus Corona di Kapal Westerdam

Liputan6.com, Jakarta Sebanyak 362 Warga Negara Indonesia (WNI) yang bekerja sebagai kru kapal di Kapal Westerdam ditegaskan bebas dari virus corona (COVID-19). Pemerintah Kamboja juga menyampaikan, seluruh penumpang dan kru Kapal Westerdam tidak terjangkit virus COVID-19.

Walaupun sudah dikabarkan kru kapal, termasuk WNI tidak terjangkit virus corona, pemerintah Indonesia masih akan memantau mereka.

“Kami sedang monitor terus bersama Kementerian Luar Negeri, posisi kapalnya di mana sekarang, ya masih dicari juga," ujar Sekretaris Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kementerian Kesehatan RI, Achmad Yurianto saat konferensi pers di Gedung Kementerian Kesehatan, Jakarta, ditulis Minggu (23/2/2020).

"Terlebih lagi kami punya kepentingan membantu mengungsikan kembali mereka. Manakala mereka meminta juga lho ya."

Kapal pesiar yang merupakan milik Holland America Line ini sempat ditolak berlabuh di beberapa tempat, seperti Thailand, Jepang dan Filipina. Ini dipicu kekhawatiran lantaran ada seorang lansia terjangkit virus corona di kapal tersebut. Kapal akhirnya berlabuh di Sihanoukville, Kamboja pada 12 Februari 2020.

 

2 dari 4 halaman

Memilih Tetap Bekerja

Dalam sebuah keterangan resmi dari KBRI Kamboja pada 21 Februari 2020, 362 WNI yang berada di Kapal MS Westerdam tetap memilih bekerja. Mereka ingin melanjutkan pelayaran bersama kapal pesiar tersebut.

"Kementerian Kesehatan Kamboja menyampaikan, hasil pemeriksaan ulang tidak ditemukan ada penumpang dan awak kapal Westerdam yang positif COVID-19. Kapal Westerdam direncanakan melanjutkan pelayarannya pada 22 Februari 2020," ujar pihak KBRI Kamboja.

Tim dari KBRI Phnom Penh secara langsung menaiki dan berdialog dengan para kru WNI dan manajemen kapal persiar. Para kru WNI menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang langsung menemui mereka di kapal.

"Informasi yang kami terima, para kru WNI memilih untuk tetap bekerja dan melanjutkan pelayaran bersama Kapal Westerdam."

KBRI Kamboja sempat bertemu dan berdialog untuk memberikan dukungan moral serta meningkatkan kepercayaan diri para kru WNI yang bekerja di Kapal MS Westerdam.

3 dari 4 halaman

Lansia Positif Virus Corona

Dikabarkan seorang penumpang kapal Westerdam yang terbang dari Kamboja ke Malaysia dinyatakan positif terjangkit virus corona setelah diperiksa di Malaysia pada 15 Februari. Penumpang tersebut adalah wanita lanjut usia (lansia) berusia 83 tahun asal Amerika Serikat.

Holland America Line, perusahaan pemilik Kapal Westerdam menyatakan, pihaknya akan bekerja sama dengan pemerintah dan ahli kesehatan untuk melacak keberadaan penumpang yang telah keluar dari kapal.

Ada sekitar 2.200 penumpang dan kru yang berada di dalam kapal saat bersandar di Sihanoukville.

Setelah dilakukan pemeriksaan, perusahaan kapal pesiar milik Carnival Corp ini menyatakan tidak ada satu pun dari 1.454 penumpang lainnya dan 802 kru kapal dilaporkan menunjukkan gejala dari virus COVID-19.

4 dari 4 halaman

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

Loading