Sukses

Tanpa Disadari, 5 Makanan Ini Bikin Rambut Lebih Sehat

Liputan6.com, Jakarta Pertumbuhan rambut yang panjang, kuat, dan berkilau merupakal impian semua orang. Namun, tidak semua orang juga yang mendapatkannya. Permasalahan rambut, seperti kerontokan, menjadi masalah yang sering terjadi.

Oleh karena itu, mulai sekarang Anda dapat menghindari permasalah rambut rontok dengan mengonsumsi makanan yang sehat. Berikut ini adalah makanan yang dapat Anda konsumsi untuk pertumbuhan rambut yang baik:

1. Telur

Telur merupakan sumber biotin yang baik. Mineral yang dikandung di dalam telur ini dapat membantu Anda meningkatkan pertumbuhan rambut. Rambut yang mulai menipis dan rontok adalah dua gejala defisiensi biotin. Banyak suplemen makanan untuk pertumbuahan rambut yang mengandung biotin. Terdapat bukti ilmiah yang mengatakan bahwa biotin dapat meningkatkan kesehatan rambut, kulit, dan kuku Anda.

Selain biotin, telur juga mengandung senyawa lain yang dapat meningkatkan rambut, seperti L-lisin, vitamin D, dan mineral tertentu. Penjelasan tersebut sesuai dengan lansiran dari Medical News Today.

2 dari 4 halaman

2. Ikan Berlemak

Asam lemak omega 3 baik untuk jantung, rambut, kulit, dan mata. Ikan bisa menjadi sumber omega 3 dan vitamin D yang baik untuk meningkatkan kesehatan rambut. Orang yang mengonsumsi ikan dapat mengurangi risiko berbagai penyakit kronis, seperti menurunkan risiko serangan jantung dan stroke.

Dalam sebuah penelitian pada 2018, ditemukan bahwa ekstrak minyak ikan yang mengandung asam docosahexaenoic, asam lemak omega 3, dapat mendorong pertumbuhan rambut dengan meningkatkan aktivitas protein tertentu dalam tubuh.

3. Bayam dan Sayuran Hijau Lainnya

Zat besi merupakan mineral penting yang dibutuhkan sel-sel rambut Anda. Bahkan kekurangan zat besi dalam tubuh dapat menyebabkan rambut rontok. Ketika tubuh kekurangan zat besi, oksigen dan nutrisi tidak diangkut ke akar rambut dan folikel dapat menghambat pertumbuhan rambut yang membuat setiap helaian rambut lemah. Hal tersebut sesuai dengan NDTV Food.

3 dari 4 halaman

4. Buah Jeruk

Tubuh membutuhkan vitamin C untuk penyerapan zat besi. Anda dapat menambahkan buah jeruk ke dalam daftar makanan Anda. Ahli gizi juga menyarankan untuk mengonsumsi satu jeruk nipis per hari sehingga Anda mencukupi kebutuhan vitamin C. Vitamin C diperlukan untuk produksi kolagen yang dapat membuat kapiler terhubung dengan poros rambut sehingga menjadi kuat dan pertumbuhan rambut semakin cepat.

5. Kacang-Kacangan dan Biji-Bijian

Tak dapat dimungkiri bahwa asam lemak omega 3 dapat memberikan nutrisi pada rambut Anda serta mendukung penebalan rambut. Oleh karena itu, Anda dapat mengonsumsi almond dan walnut. Kedua jenis kacang itu merupakan salah satu kacang-kacangan yang sangat tinggi asam lemak omega 3-nya. Begitu juga dengan biji rami yang dapat dijadikan sebagai camilan sehat untuk rambut Anda.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Kebiasaan Buruk yang Bikin Otak Lemah
Loading