Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Selain Meningkatkan Keintiman, Ini 5 Manfaat Seks Lebih Sering

Liputan6.com, Jakarta Selain mengonsumsi makanan sehat dan olahraga secara teratur, Anda juga dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental dengan melakukan hubungan seksual bersama pasangan.

Meskipun sebagian besar orang belum mengetahui manfaat kesehatan dari berhubungan seksual, Anda dapat memperhatikan penjelasan di bawah ini mengenai manfaat kesehatan melakukan hubungan seksual lebih sering daripada biasanya:

1. Dapat Membakar Kalori

Menurut dosen di the Department of Psychology, Purdue University, Amerika Serikat dan penulis The Psychology of Human Sexuality, Justin Lehmiller, PhD, mengatakan bahwa seks dapat memperkuat otot, meningkatkan denyut jantung, dan membuat seluruh tubuh Anda bekerja.

Sebuah studi tahun 2013 menemukan bahwa ketika berhubungan seksual, seorang pria dapat membakar sekitar 101 kalori per sesi, sedangkan wanita membakar 69 kalori. "Jika Anda berhubungan seks dalam jangka waktu yang lama, Anda bisa mendapatkan lebih banyak manfaat pembakaran kalori tersebut," kata Lehmiller. Hal tersebut seperti yang dilansir dari Health.

2 dari 4 halaman

2. Dapat Membantu Anda Tidur Lebih Awal

"Setelah orgasme, tubuh melepaskan hormon relaksasi yang disebut prolaktin," kata direktur the Sexual Health Promotion Lab di University of Kentucky, Amerika Serikat. Dia juga menambahkan bahwa ketika Anda tidak merasa lelah sebelumnya, berhubungan seksual dan mencapai orgasme tentu dapat membantu Anda sedikit lebih cepat tertidur.

3. Dapat Menguatkan jantung Anda

Melakukan hubungan seks secara teratur dapat menguntungkan sistem kardiovaskular Anda. Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa pria yang melakukan hubungan seks setidaknya dua kali seminggu selama dua puluh tahun lebih dapat mengurangi risiko kematian karena penyakit jantung daripada mereka yang melakukannya kurang dari sekali dalam sebulan.

"Seks dapat membantu Anda mengatur hormon, seperti estrogen dan testosteron yang berdampak pada semua jenis sistem dalam tubuh, termasuk jantung," kata Mark.

3 dari 4 halaman

4. Dapat Melindungi Diri dari Kanker

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa pria yang mengalami ejakulasi lebih sering memiliki pengurangan risiko kanker prostat meskipun perbedaannya tampak sangat kecil. Sebuah penelitian di Prancis menemukan bahwa wanita yang berhubungan seks setidaknya sekali dalam sebualan memiliki risiko yang lebih rendah terserang kanker payudara daripada mereka yang tidak melakukannya.

Menurut studi di Yunani, meskipun kanker payudara jarang dialami oleh pria, mereka yang orgasmenya kurang dari enam kali dalam sebulan tampaknya lebih tinggi risiko terkena kanker payudara dibandingkan dengan mereka yang melakukan orgasme lebih sering.

5. Dapat Membuat Anda Terlihat Lebih Muda

Sebuah penelitian di Inggris menemukan bahwa melakukan hubungan seksual secara teratur dapat membuat pria dan wanita terlihat antara lima dan sepuluh tahun lebih muda dari yang sebenarnya. Hubungan seksual menyebabkan pelepasan hormon pertumbuhan manusia yang memicu serangkaian reaksi biologis yang pada akhirnya membuat kulit Anda tampak lebih elastis dan halus.

Selain itu, seks juga memicu pelepasan estrogen yang dapat meningkatkan kualitas rambut dan kulit. Peneliti menunjukkan bahwa aktivitas mental dan fisik adalah faktor paling penting untuk mempertahakan masa muda seseorang. Sebanarnya dengan melakukan lebih banyak hubungan seks dapat dikaitkan dengan hidup yang lebih lama. Hal ini sesuai dengan lansiran dari Psychology Today.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut: