Sukses

Lakukan 4 Hal Ini, Cegah Stres Saat Liburan

Liputan6.com, Jakarta Biasanya menghabiskan waktu berlibur akan menghilangkan penat bekerja atau aktivitas lainnya yang biasa Anda lakukan. Namun, ada juga seseorang yang malah merasa tertekan di hari libur.

Jika sedang mengalami suasana hati yang tidak bagus, hal itu akan mempengeruhi orang sekitar Anda. Pastinya tak ingin rasa stres terus mengacaukan waktu berlibur. Oleh karena itu, Anda dapat memperhatikan tips di bawah ini:

1. Sebelum Berlibur, Anda Dapat Membuat Perencanaan

Psikiater di Beth Israel Deaconess Medical Center, Boston, Amerika Serikat, John Sharp, MD, menyarankan untuk mencari tahu apa saja yang dapat membantu Anda melewati liburan dan menjadikannya prioritas.

Luangkan waktu untuk mencari tahu cara merawat diri. Munculkan rutinitas, seperti membaca buku, tidur siang, berbelanja, bahkan membuat kue. Bisa saja dengan mencari tahu dan melakukannya dapat mengubah suasana hati Anda menjadi lebih baik. Hal ini sesuai dengan lansiran dari Health.

2. Berolahraga Dapat Meningkatkan Suasana Hati

Asisten profesor psikiatri di Duke University School of Medicine, Durham, Amerika Serikat, Jeffry Greeson, PhD, mengatakan bahwa semakin banyak stres yang dialami, semakin sedikit waktu yang dirasakan. Semakin jengkel suasana hati, semakin butuh untuk berolahraga.

2 dari 4 halaman

3. Menghindari Harapan yang Tak Realistis

Mempunyai harapan mendapatkan liburan yang sempurna hanya akan membuat Anda kecewa dan juga berpotensi mengalami gejala depresi. Menurut penulis buku Healing From Family Rifts, Mark Sichel, memiliki rasa bersyukur bisa menjadi penangkal terbaik melawan depresi Anda. Hal ini seperti yang dilansir dari Huffpost.

4. Memperhatikan Gejala Gangguan Afektif Musiman

Jika Anda mulai merasa adanya suasana hati yang tidak baik setiap mendekati masa liburan dan perasaan nugatif tersebut tidak hilang setelah liburan berakhir, bisa saja hal itu merupakan gejala gangguan afektif musiman. Anda dapat menghubungi dokter Anda untuk menemukan perawatan yang cocok.

3 dari 4 halaman

5. Berhenti Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Baik dalam kehidupan nyata maupun media sosial, membandingkan diri anda dengan orang lain dapat meningkatkan kesedihan. Perbandingan ini dapat membuat Anda merasa buruk tentang diri sendiri.

6. Jangan Melakukan Hal yang Tak Penting

Seperti yang dilansir dari WebMD, Anda tidak perlu melakukan hal-hal yang tidak penting selama liburan karena tak akan berpengaruh juga pada suasana hati Anda yang buruk. Lebih baik ganti hal tersebut dengan meluangkan waktu untuk Anda beristirahat.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Demi Lovato Curhat Soal Media Sosial Pemicu Stres
Artikel Selanjutnya
Cara Tetap Termotivasi saat Stres Akibat Bisnis dan Bekerja