Sukses

2 Masalah Kesehatan Paling Banyak Dikeluhkan Korban Banjir

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Kesehatan Republik Indonesia Terawan Agus Putranto mengunjungi korban terdampak banjir di sejumlah titik di Jakarta pada Kamis, 2 Januari 2020.

Dari Cengkareng, Jakarta Barat sampai Jati Asih, Bekasi. Tidak sendirian, Terawan ditemani Kepala Dinas Kesehatan Provinsi DKI Jakarta Widyastuti, Kepala Puskesmas Kecamatan Cengkareng, dan Mabes Polri.

Dari pantauan langsung ke lokasi, Menkes Terawan mengatakan bahwa korban terdampak banjir di Jakarta mengalami kelelahan dan diare.

"Tapi sudah ada pendampingan langsung," kata Terawan di Gedung Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, HR Rasuna Said, Kuningan pada Jumat, 3 Januari 2020.

Sejak kemarin, lanjut Terawan, pusat krisis Kementerian Kesehatan sudah digerakkan. Begitu juga dengan tenaga kesehatan. Lebih dari 10 ribu orang telah disiapkan di beberapa titik.

"Tenaga kesehatan ini all out. Mulai 3 (tanggal 3 Januari 2020) ini, 11.000 siap di mana-mana termasuk di rumah sakit, bukan hanya di lapangan," katanya.

Menurut Terawan dari kunjungannya kemarin, terlihat bahwa semangat saling tolong menolong orang Indonesia besar sekali.

"Semua rukun, dan gotong royong ingin menolong. Ini penting. Habis itu tinggal dikoordinir supaya semua terarah dengan baik dan efisien pertolongannya," ujar Menkes Terawan.

2 dari 2 halaman

Simak Video Menarik Terkait Menteri Kesehatan Terawan