Sukses

Merokok Dapat Merusak Penampilan Anda

Liputan6.com, Jakarta Dalam kehidupan sehari-hari, merokok merupakan suatu kegiatan yang tak dapat ditinggalkan lagi bagi sebagian orang. Padahal dengan merokok seseorang menghisap nikotin dan dalam waktu singkat akan mengalir ke otak.

Bisa jadi sebagian orang telah menyadari efek samping merokok bagi kesehatan tubuh, namun hal itu tetap saja mereka lakukan. Tak hanya organ dalam yang bermasalah, tetapi penampilan Anda pun ikut berpengaruh juga. Berikut ini adalah tanda fisik jika Anda merokok:

1.  Lingkaran Hitam di Bawah Mata

Seperti yang dilansir dari The Healthy, penelitian menunjukkan bahwa perokok tidak dapat tidur dengan nyenyak. Jika kualitas tidur Anda kurang akan merusak penampilan Anda dalam beberapa cara, salah satunya adalah lingkaran hitam di bawah mata.

2. Meningkatkan Risiko Psoriasis

Meskipun bukan perokok, seseorang dapat terserang psoriasis atau ruam kulit. Apalagi jika seorang perokok, Anda dapat meningkatkan risiko mengembangkan proriasis pada tubuh Anda. Dengan merokok sebungkus per hari, risiko psoriasis meningkat menjadi 20 persen. Untuk menghindari kondisi ini adalah dengan berhenti merokok.

2 dari 4 halaman

3. Gigi Akan Menguning

Bisa jadi Anda telah mengetahui tanda fisik seorang perokok yang satu ini. Nikotin dalam rokok menyebabkan gigi menguning bahkan lama-kelamaan bisa memutihkannya. Sedangkan tembakau pada rokok dapat menyebabkan penyakit gusi dengan melemahkan jaringan lunak dan tulang gigi Anda. Jadi, tak hanya menyebabkan gigi Anda menjadi kuning, tetapi seiring berjalannya waktu gigi juga dapat rontok.

4. Selain Gigi, Jari pun Menguning

Berdasarkan yang dilansir dari Health, nikotin dalam asap rokok tidak hanya membuat gigi Anda menjadi menjadi kuning, tetapi juga memberikan pengaruh yang sama pada jari dan kuku.

3 dari 4 halaman

5. Penuaan Dini dan Keriput

Kerutan dapat terlihat pada seorang perokok dini. Para ahli berpendapat bahwa merokok dapat mempercepat penuaan sehingga rata-rata perokok terlihat 1,4 tahun lebih tua daripada yang tidak merokok. Hal tersebut disebabkan bahwa merokok menghambat pasokan darah yang membuat jaringan kulit tampak kenyal dan sehat.

6. Rambut Lebih Tipis

Selain membuat kulit menjadi keriput, merokok dapat menyebabkan kerusakan pada rambut Anda. Para ahli berpikir bahwa bahan kinia beracun dalam asap rokok dapat merusak DNA dalam folikel rambut, struktur kulit yang berfungsi menumbuhkan rambut, serta menghasilkan radikal bebas yang dapat merusak sel.

Pada akhirnya seorang perokok memiliki rambut yang lebih tipis dan lebih cepat beruban. Selain itu, seorang perokok dapat memiliki kemungkinan dua kali lebih besar mengalami kerontokan rambutnya dibandingkan seseorang yang tidak merokok.

 

 

Penulis: Salsabila Fauziah Rahman

4 dari 4 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Aturan Larangan Merokok di Restoran Malaysia Tuai Kontroversi
Artikel Selanjutnya
Bisa Berakibat Fatal, Jangan Lakukan 5 Hal Ini Sesaat Setelah Makan