Sukses

8 Maskapai yang Berlomba-Lomba Sajikan Makanan Sehat

Makanan sehat pun kini hadir di menu penerbangan

Liputan6.com, Jakarta Industri penerbangan rupanya tak mau ketinggalan tren dalam hal makanan sehat. Tak hanya restoran, beberapa maskapai pun diketahui tengah berlomba-lomba menjadi yang terbaik dalam menyajikan makanan sehat di penerbangan mereka.

Dalam Airline Food Study edisi 2019-2020, sejumlah maskapai menjalani penilaian kesehatan berdasarkan beberapa kriteria. Di antaranya nutrisi kesehatan, tingkat kalori, tingkat transparansi, peningkatan, inovasi menu, tingkat sodium, ketersediaan daging dalam penerbangan jarak pendek dan kualitas air.

Air Canada

Hasilnya, ada delapan maskapai yang menyajikan makanan sehat terbaik di dunia. Sayangnya, maskapai ini kebanyakan berbasis dari Kanada dan Amerika Serikat dan tidak ada satupun dari Indonesia.

Dalam kajian yang dirilis oleh DietDetective.com dan Hunter College NYC Food Policy Center itu, Alaska Airlines dan Air Canada menempati posisi teratas. Masing-masing mendapatkan skor 4 dari 5.

Penulis kajian itu memuji Air Canada karena berinovasi dalam penyajian menu in-flight sepanjang tahun lalu. Ada menu sayuran tambahan sehingga jumlahnya lebih banyak dari maskapai lainnya, seperti ayam bakar dengan nasi " superfood" salad bersama roti California.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Makanan Sehat di Pesawat

Alaska Airlines

Alaska Airlines mendapat pujian karena menyajikan informasi nutrisi secara transparan. Selain ini, Alaska Airlines menjadi maskapai pertama yang melarang penggunaan sedotan plastik sekali pakai dan meluncurkan kampanye agar penumpang membawa botol minum sendiri.

Sementara, Hawaiian Airlines berada di urutan terbawah. Ini karena maskapai tersebut tidak menyajikan informasi secara transparan mengenai kandungan nutrisi serta bermasalah dalam saluran limbah air dapur.

Berikut daftar maskapai terbaik menyajikan makanan sehat.

1. Air Canada, Alaska Airlines

2. JetBlue, Delta Air Lines

3. United Airlines

4. American Airlines

5. Frontier

6. Allegiant Air

7. Spirit Airlines, Hawaiian Airlines

8. Southwest Airlines

Sumber : Dream.co.id / Ahmad Baiquni

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.