Sukses

Cek Fakta Kesehatan: Air Liur Berkhasiat Obati Luka?

Simak cek fakta kesehatan mengenai khasiat air liur untuk mengobati luka.

Liputan6.com, Jakarta Mungkin Anda salah satu orang yang pernah mempraktikkan mengoleskan air liur saat terluka. Kata orang-orang kehadiran air liur ampuh mengobati luka, entah itu luka gores maupun luka bakar. Namun, apa iya?

Rupanya, tidak hanya orang Indonesia saja yang penasaran soal manfaat air liur untuk mengobati luka. Orang-orang Barat pun penasaran. Terbukti dari beberapa penelitian yang mencari tahu akan hal ini. Salah satunya dalam Journal Blood pernah dibahas secara ilmiah cara air liur mempercepat penyembuhan luka.

"Air liur merangsang sel darah putih untuk membentuk jaringan efektif DNA dan protein. Ini Sebabnya, semua luka kulit dapat terhindar dari infeksi bila terkena air liur," kata penulis studi Ole E. Sorensen dari Universitas Lund Swedia.

Lalu, studi lain yang dipublikasikan dalam Journal of Federation of American Societies for Experimental Biology (FASEB) menyebutkan bahwa kandungan histatin, yakni protein keicil di dalam air liur juga punya peran untuk menyembuhkan luka.

Meski sudah ada jurnal soal manfaat air liur untuk luka, belum ada penelitian yang cukup baik sehingga dokter bisa merekomendasikan pengobatan dengan ludah.

"Kita bilang sebuah treatment itu sesuatu hal bisa kita rekomendasikan ke pasien harus (dengan) lihat evidence based medicine. Untuk mendapatkan tahapan EBM yang baik itu sebenarnya harus lewat penelitian," kata dokter spesialis kulit dan kelamin Dian Pratiwi.

"Sampai saat ini, saya belum pernah membaca penelitian yang evidence based yang cukup baik bahwa air liur bisa mengobati luka," lanjutnya saat Liputan6.com temui di Jakarta Pusat. 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Belum Tentu Efektif tapi Tidak Berbahaya

Dian mengiyakan bahwa memang praktik pengolesan air liur ke luka sering dilakukan di zaman-zaman dahulu. Tak hanya manusia, hewan juga melakukan hal serupa ketika terluka.

Selain itu, memang di air liur terdapat beberapa enzim yang sifatnya mematikan bakteri tertentu. Walau begitu, belum tentu efektif bisa menyembuhkan luka.

"Berbahaya sih tidak, tapi belum tentu efektif," katanya.

Menurutnya, di zaman modern seperti saat ini lebih baik membersihkan luka dengan air bersih saja. Lalu, gunakan obat luka.

"Basuh dengan air kemudian dijaga. Kalau luka, sampai ada kulit yang terbuka, berarti perlu di-protect. Bisa juga ditambahkan dengan salep antiinfeksi sampai kulit kembali menutup," sarannya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini