Sukses

Selvi - Gibran Nantikan Anak Kedua, Ini Tips Bagi Ayah Saat Dukung Istri Melahirkan

Selvi Ananda dikabarkan sudah di RS PKU Muhammadiyah Surakarta jelang persalinan anak kedua.

Liputan6.com, Jakarta - Jelang persalinan anak kedua, menantu Presiden Joko Widodo, Selvi Ananda saat ini sudah berada di RS PKU Muhammadiyah Surakarta.

Mengutip Antara, Selvi didampingi ibu mertua Iriana Jokowi tiba di RS PKU Muhammadiyah pukul 9.15.

Jelang persalinan sang istri, Gibran Rakabuming Raka, di beberapa kesempatan lalu juga mengatakan bahwa dia sudah mengosongkan jadwal perjalanan ke luar kota.

"Ini saya baru pulang dari Jakarta. Terus ini seminggu, dua minggu ini di Solo dulu lah mendampingi istri," kata Gibran saat ditemui di The Sunan Hotel Solo, Selasa, 12 November 2019.

Dukungan suami saat istri melahirkan memang dibutuhkan. Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan ayah ketika istri jelang melahirkan:

1. Persiapkan diri untuk kejutan

Bila menjalani persalinan normal, tidak bisa diprediksi seberapa lama proses tersebut berlangsung. Bersiaplah jika memang bakal lama dan ada perubahan rencana seperti dikutip Baby Centre.

2. Bantu distraksi

Sebelum bukaan lengkap, terkadang butuh waktu yang tidak sebentar. Tugas suami adalah membantunya agar lebih nyaman. Seperti mengajak jalan bersama, mengajak megnobrol bila mampu. Menyalakan acara televisi yang dia suka. Membelikan camilan hingga mengingatkan istri untuk minum seperti dikutip Motherly.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Bergantian menemani istri

Bila melahirkan dengan proses normal, bisa berjalan panjang mulai dari hitungan jam hingga belasan jam. Jadi, pastikan ada sosok orang lain yang Anda dan istri percaya. Ketika ayah lelah, bisa bergantian dengan orang lain untuk menemaninya.

Kehadiran sosok pendukung lain ini penting tak hanya untuk fisik juga emosi Anda dan pasangan seperti dikutip WebMD.

4. Dukung dari samping

Saat bukaan sudah lengkap, berikan dukungan kepadanya. Bisa dengan memegang tangannya atau mengelus punggung istri.

"Dukungan dari ayah dengan hadir di samping istri itu yang benar-benar paling dibutuhkan, kata dokter spesialis obstetri dan ginekologi, Jeffrey Kuller.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini