Sukses

Kutu Rambut Kemaluan Bisa Sampai ke Bulu Mata, Bagaimana Bisa?

Liputan6.com, Jakarta Berurusan dengan kutu di bagian tubuh mungkin akan terdengar aneh. Apalagi jika kutu yang timbul berada pada bagian yang tidak terduga seperti bulu mata.

"Meskipun tidak sering terjadi, tapi bulu mata mungkin untuk terkena kutu. Saya telah melihat beberapa kasus kutu yang muncul di bulu mata," ucap asisten profesor klinis dermatologi di Icahn School of Medicine, New York, Gary Goldenberg.

Anda mungkin tidak akan mengira bahwa kutu bisa muncul di bulu mata. Karena sangat mungkin untuk terjadi, penting untuk mengetahui bagaimana kutu bisa muncul dan bagaimana menghilangkannya.

Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), AS, terdapat tiga jenis kutu yang hidup pada manusia yakni kutu kepala, kutu tubuh, dan kutu kemaluan.

"Sebenarnya, kutu bulu mata itu berasal dari kutu kemaluan," ucap dokter kulit asal New York, Joshua Zeichner seperti dikutip Prevention, Jumat (14/11/2019).

Kutu kemaluan bisa berevolusi untuk menempel pada rambut kasar di area genital. Tetapi juga bisa menempel pada rambut di alis dan bulu mata.

"Secara umum, kutu kemaluan menyukai rambut yang pendek. Maka ia juga bisa muncul di janggut, kumis, bulu dada, atau rambut ketiak," tambah Goldenberg.

 

2 dari 3 halaman

Penyebab

Kutu bulu mata biasanya muncul karena adanya kontak dengan seseorang yang memiliki kutu kemaluan. Seperti kontak intim, pakaian, seprei, atau handuk yang digunakan oleh orang yang telah terinfeksi.

"Itu juga bisa terjadi ketika orang menyentuh alat kelamin mereka dan kemudian menyentuh area mata. Lalu, jika Anda berpikir bahwa kutu kemaluan mungkin berasal dari toilet umum, ketahuilah sangat jarang itu bisa terjadi," ucap Zeichner.

Kutu merupakan makhluk yang tidak bisa bertahan hidup jauh dari tubuh manusia. Kutu juga tidak memiliki kaki, maka tidak memungkinkan untuk bergerak di sekitar permukaan.

Menurut CDC, secara umum Anda akan merasa gatal di sekitar bulu mata atu kelopak mata. Bersamaan dengan terlihatnya telur kutu yang biasanya menempel pada batang rambut. Telur kutu berbeentuk oval dengan warna kuning atau putih.

"Menyingkirkan kutu bulu mata tergantung pada berbagai faktor. Jika masih dalam jumlah kecil, itu bisa dihilangkan dengan menggunakan salep yang sesuai dengan resep. Itu bisa dilakukan dua hingga empat kali selama 10 hari," ucap Zeichner.

Jika tidak berhasil, Anda bisa menanyakan mengenai obat anti-parasit. Segeralah temui dokter karena kutu harus dihilangkan sesegera mungkin untuk mencegah penyebaran ke area lainnya.

 

 

Penulis: Diviya Agatha

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Dari Purbalingga, Bulu Mata Artisan Dipakai Miss Universe dan Artis Hollywood
Artikel Selanjutnya
Yang Wajib Diperhatikan Saat Menggunakan Ekstensi Bulu Mata