Sukses

PODCAST Health: Lindungi Diri dari Dampak Kabut Asap

Liputan6.com, Jakarta Sebagian wilayah Indonesia dilanda kabut asap akibat kebakaran hutan dan lahan beberapa waktu lalu. Kualitas udara kota-kota di Sumatera dan Kalimantan seperti Palembang, Pekanbaru, dan Makassar memburuk. Kondisi tersebut tentunya juga memengaruhi kesehatan warga.

Akibat kabut asap begitu pekat yang melanda kota-kota tersebut, masyarakat rentan mengalami gangguan kesehatan seperti infeksi saluran pernapasan (ISPA), iritasi mata, dan lainnya. Lansia, ibu hamil, bayi dan balita adalah rentang usia yang paling rentan terkena gangguan kesehatan akibat kabut asap.

Setelah sempat mereda, pekan lalu, Jumat (8/11/2019) kabut asap kembali menyelimuti Kota Palembang, terutama di kawasan Sungai Musi. Warga mengeluhkan jarak pandang yang menjadi begitu dekat karena terutup asap.

Tak hanya berdampak pada jarak pandang di darat, melainkan juga di perairan, sehingga nelayan urung berlayar. Kabut asap itu juga memengaruhi aktivitas penerbangan. Jarak pandang di udara yang hanya 600 meter membuat beberapa penerbangan ditunda.

PODCAST Health Liputan6.com akan membahas mengenai kisah-kisah warga terdampak kabut asap serta cara mencegah gangguan kesehatan akibat paparan asap. Simak obrolan Dikta dan Oshin dari Tim Health berikut ini.

Loading
Artikel Selanjutnya
Podcast: Keunggulan Yamaha NMax 2020 Dibanding Honda PCX
Artikel Selanjutnya
PODCAST HEALTH: Dengar Lagu Saat Hati Sendu, Kok Makin Pilu?