Sukses

Kekasih Selingkuh, Begini 3 Cara Atasi Rasa Sakit Hatinya

Liputan6.com, Jakarta - Dihadapkan dengan seseorang yang mencurangi dan meninggalkan Anda bukanlah sesuatu yang mudah. Jika Anda merasa kesulitan untuk melupakan pasangan yang selingkuh dari patah hati lainnya, percayalah bahwa bukan hanya Anda yang mengalaminya.

Memahami mengapa seseorang selingkuh bisa menjadi begitu sulit, tetapi mengetahui cara mengatasinya bisa menjadi lebih baik. Berikut beberapa cara menyembuhkan diri akibat perselingkuhan.

1. Membuat keputusan untuk melangkah maju

Langkah paling awal yang bisa Anda lakukan adalah membuat keputusan secara sadar untuk tetap melangkah maju. Jika Anda telah memutuskan bahwa hubungan itu tidak dapat diperbaiki, hal yang bisa Anda lakukan adalah melangkah meninggalkan hubungan tersebut.

"Itu juga berarti berpegang teguh pada keputusan bahwa walaupun pasangan Anda masih berusaha mempertahankan hubungan, Anda harus tetap meninggalkannya," kata seorang pakar kencan, Cherlyn Chong seperti dikutip Elite Daily, Rabu (6/11/2019).

2. Menolak untuk kembali

Jika sebuah hubungan berakhir karena ia orang ketiga, Anda harus menolak orang tersebut untuk kembali.

"Ketika Anda putus dengan orang tersebut, Anda harus memutuskan untuk tidak lagi menerima orang tersebut kembali. Karena ia telah merusak kepercayaanmu dan itu tidak bisa digantikan," kata Chong.

Dengan tetap teguh pada pilihan, Anda bisa mempercepat proses penyembuhan.

3. Tetapkan tujuan ke depan

Walaupun putus cinta karena kekasih selingkuh bisa sangat menyakitkan, Anda bisa membalasnya dengan memiliki tujuan kedepan yang bisa membawa diri Anda pada titik yang lebih baik.

"Tetapkan tujuan, cari tahu bagaimana Anda bisa sampai ke sana. Dorong diri Anda untuk sampai ke sana. Luangkan waktu untuk bersedih, tapi jangan terlalu lama berada dalam kesedihan," kata Chong.

 

2 dari 2 halaman

Proses Sembuh dari Sakit Hati Akibat Pasangan Selingkuh

"Waktu yang dibutuhkan untuk sembuh dari perselingkuhan tergantung pada diri sendiri. Tetapi waktu tersebut harus konstruktif, artinya ada sesuatu yang harus Anda bangun," ucap pakar kehidupan, Nina Rubin.

Hal terbaik yang bisa Anda lakukan adalah memproses rasa sakit dan mempelajari lebih lanjut tentang apa yang bisa memicu rasa sakit tersebut. Ketika Anda ditinggalkan akibat pengkhianatan, terdapat bekas luka emosional yang abadi.

"Perselingkuhan bisa berdampak pada hubungan selanjutnya. Anda bisa merasa cemas jika pasangan selanjutan akan selingkuh, ini adalah tanda bahwa Anda harus membicarakan ini pada pasangan yang baru nantinya," ucap Rubin.

Meskipun tidak ada cara spesifik untuk menghindari rasa sakit, penting untuk mengingat bahwa sembuh dari rasa sakit akibat perselingkuhan adalah sesuatu yang sangat mungkin.

"Kamu bisa bergerak maju dan memiliki hidup yang jauh lebih bahagia setelah diselingkuhi. Jadi bertahanlah dan fokus pada merawat dan mencintai diri sendiri," ucap therapist hubungan asal Los Angeles, Dr. Gary Brown.

Penulis: Diviya Agatha

Loading
Artikel Selanjutnya
Alasan Seseorang Selingkuh Meski Tahu Itu Salah
Artikel Selanjutnya
Top 3 Berita Hari Ini: Awas, Ada 4 Zodiak yang Berpotensi Selingkuh di Awal 2020