Sukses

2 Dampak Psikologis yang Terjadi Bila Pasangan Selingkuh

Liputan6.com, Jakarta Perpisahan sebuah hubungan bisa menjadi lebih menyakitkan lagi apabila disebabkan karena perselingkuhan. Kebingungan, rasa sakit hati, dan kemarahan bisa muncul dalam satu waktu.

"Sangat menantang untuk bergerak maju setelah Anda diselingkuhi," ucap coach life, Nina Rubin seperti dikutip Elite Daily, Jumat (8/11/2019).

Bila pernah diselingkuhi pada beberapa orang bisa berdampak jangka panjang. Berikut dua dampak yang mungkin muncul akibat diselingkuhi:

1. Kesulitan mempercayai orang lain

Ketika suatu hubungan berakhir karena perselingkuhan, ada lapisan yang hancur dan mempengaruhi kepercayaan yang telah Anda miliki.

"Urusan fisik dan emosional memegang kunci utama dalam suatu hubungan yaitu kepercayaan. Ketika Anda diselingkuhi, Anda tidak lagi atau begitu kesulitan untuk mempercayai pasangan," ucap Rubin.

Perselingkuhan membawa emosi dan pikiran yang sangat kompleks tentang amarah, sakit hati, malu, ragu, penghinaan, kebingungan, dan ketakutan. Tak hanya rasa sakit yang membuat move on menjadi lebih sulit, tetapi mengetahui bahwa seseorang yang dipercaya telah melanggar janji,

 

2 dari 3 halaman

2. Kepercayaan Diri Melemah

Bagian paling berbahaya dari putus akibat perselingkuhan adalah hilang atau melemahnya kepercayaan diri Anda. Seorang pakar kencan, Cherlyn Chong mengungkapkan, berusahalah untuk tidak jatuh dalam perangkap membandingkan diri sendiri dengan selingkuhan sang mantan.

"Kamu tidak hanya kehilangan hubungan, tetapi kamu juga memiliki rasa malu karena digantikan oleh orang yang mungkin lebih baik. Kamu mungkin akan terus membandingkan dirimu, padahal perbandingan ini bukanlah kenyataan dari situasi yang ada," ucap Chong.

Anda harus menyadari bahwa selingkuh merupakan keputusan masing-masing individu, dan biarkan itu menjadi keputusan mereka. Terkadang, alasan dari perselingkuhan bisa menjadi sangat rumit.

Penulis: Diviya Agatha

3 dari 3 halaman

Saksikan juga video menarik berikut:

Loading
Artikel Selanjutnya
Pacari Istri Orang, Duda di Bogor Dibacok Suami Selingkuhan
Artikel Selanjutnya
Perempuan Harus Hati-hati, Ini 6 Alasan Pria Selingkuh