Sukses

Operasi Pemisahan Kembar Siam Butuh Tenaga Medis yang Banyak

Operasi pemisahan kembar siam membutuhkan tenaga medis dalam jumlah yang banyak.

Liputan6.com, Jakarta Bukan hal mudah melakukan operasi pemisahan kembar siam, kasus ini termasuk kompleks. Butuh belasan bahkan puluhan tenaga medis yang cukup, baik saat operasi maupun pra dan pasca perawatan pasien.

Direktur Utama RS Anak dan Bunda Harapan Kita Jakarta, Didi Danukusumo menyampaikan, operasi pemisahan kembar siam memerlukan perencanaan yang matang dengan melibatkan tenaga medis dari berbagai disiplin ilmu.

"Karena kompleksnya kasus, pelibatan tenaga medis (dokter, perawat, tenaga kesehatan lain) dari berbagai disiplin ilmu perlu ikut menangani. Pembentukan tim dan koordinasi juga penting," kata Didi sesuai keterangan tertulis yang diterima Health Liputan6.com, Senin (4/11/2019).

Didi mengatakan, kasus kembar siam Ardi dan Ardan yang termasuk kembar dempet perut dan sebagian dada akan dioperasi pada Sabtu, 16 November 2019. Operasi Ardi dan Ardan membutuhkan bantuan 30 dokter dan perkiraan waktu 16 jam.

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tangani Kasus Kembar Siam

Penanganan operasi pemisahan kembar siam Ardi-Ardan akan dilakukan di RS Anak dan Harapan Kita Jakarta. Didi menyebut, ada beberapa kasus kembar siam yang  sudah ditangani rumah sakit tersebut sejak tahun 1981.

1. Tahun 1981: kembar siam Omphalopagus (dempet perut)

2. Tahun 2016: kembar siam Thoraco omphalopagus (dempet perut dan sebagaian tulang dada)

3. Tahun 2017: kembar siam Craniopagus (dempet kepala)

"Seluruh kasus berhasil ditangani tim dokter. Alhamdulillah, (operasi) berjalan lancar dan bayi sehat-sehat (sampai sekarang)," ucap Didi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.