Sukses

Jerawat Muncul Usai Wajah Berkeringat, Harus Lakukan Apa?

Liputan6.com, Jakarta Wajah yang berkeringat usai olahraga bisa membuat jerawat bermunculan. Jadi jangan kaget apabila di dahi atau punggung timbul bintik-bintik jerawat. Tapi bukan berarti keringat buruk untuk kulit.

Pakar kebugaran, Diana Booty, dari The Harley Medical Group, menjelaskan sebenarnya bukan keringat yang memicu jerawat. Tapi kombinasi keringat dengan elemen lain seperti pakaian, gesekan dan makeup lah yang memicu hadirnya jerawat.

"Berkeringat sangat bagus untuk menghilangkan kotoran, membuka pori-pori Anda dan membawa darah serta nutrisi yang baru teroksigenasi ke sel-sel kulit," kata Booty seperti dikutip Glamour Magazine.

Inilah sebabnya mengapa sebaiknya Anda tidak menggunakan makeup di gym, agar kulit bernapas dan benar-benar memetik manfaatnya.

Untuk meminimalkan efek pada kulit, Booty menyarankan untuk melepaskan pakaian berkeringat sesegera mungkin. Bakteri dan kelembapan terbentuk di kulit saat berkeringat, jadi segera mandi dan pakai pakaian bersih, memungkinkan kulit kering dan bernapas.

"Ketika kelembapan terperangkap dekat dengan kulit, bintik-bintik atau ruam panas dapat berkembang, jadi sebagus apa pun pakaian olah raga Anda, cobalah untuk tidak duduk-duduk terlalu lama setelah latihan."

Loading
Artikel Selanjutnya
Cek Fakta Kesehatan: Odol Bisa Mengatasi Jerawat?
Artikel Selanjutnya
7 Masalah Kulit Selain Jerawat