Sukses

Viral Daun Sirih Bisa Atasi Batuk Pilek pada Bayi, Ini Kata Dokter

Liputan6.com, Jakarta Beberapa hari terakhir media sosial ramai mengenai postingan maupun link tentang khasiat daun sirih untuk bayi yang batuk pilek. Disebutkan dalam postingan dan link tersebut bahwa menempelkan daun sirih bisa membuat dahak bayi yang sakit keluar.

"Bayi Batuk Pilek Tak Perlu Obat Kimia, Cukup Selembar Daun Sirih Tempel Di Badannya, Ga Lama Dahak Keluar Dari Hidungnya," begitu judul artikel dalam sebuah blog yang ramai dibagikan di media sosial itu.

Dalam blog tersebut, si penulis menyebutkan bahwa bila bayi batuk pilek tak perlu diberi obat. Cukup menempelkan daun sirih yang dipanaskan bisa membuat si Kecil sembuh. Begini salah satu cuplikan tulisan tersebut:

Daun sìrìh ìnì ternyata berkhasìat mapuh mengobatì batuk pìlek lho.

Cara mengolahnya juga tìdak susah:

1. Panaskan daun sìrìh pd apì lìlìn

2. Sebaìknya 2 helaì, sehelaì untuk dada sehelaì letak dì punggung bayi

3. Setelah layu letakkan balsm/vìcks pd daun sìreh

4Letakkan daun sìrìh dì dada baby dan belakang babyTak lama kemudìan baby akan bersìn..haaaa..keluar cendol hìjau. Baby pun merasa kelegaan, maaf kalau gambarnya jorok.

 

Tanggapan Pakar

Health Liputan6.com bertanya kepada dokter spesialis anak Trully Kusumawardhani mengenai manfaat daun sirih untuk batuk pilek. Menurut Trully hingga saat ini belum ada bukti dengan meletakkan daun sirih di dada dan punggung bayi bisa menyembuhkan batuk pilek pada bayi.

"Pada prinsipnya dari medis belum ada bukti ilmiah terkait hal tersebut," kata Trully.

Di dunia pengobatan medis, segala sesuatu harus melalui uji klinis ilmiah. Pengujian pun dilakukan dengan banyak tahap.

"Jadi, tidak dan belum ada rekomendasi pemakaian daun sirih terhadap kasus pilek," tekan Trully lagi.

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Cara Tepat Atasi Batuk Pilek pada Bayi

Di dunia kedokteran sendiri, sebagian besar penyebab penyakit batuk pilek karena virus.

"Artinya akan membaik dengan sendirinya tanpa obat," kata dokter yang sehari-hari praktik di RS Hermina Kemayoran Jakarta ini.

Baru ketika anak mengalami batuk pilek yang sangat mengganggu boleh diberikan obat untuk melegakan napas atau mengencerkan dahaknya. Namun, ingat, kata Trully, pemberian obat harus sesuai petunjuk dan resep dokter.

Selain itu, orangtua perlu melakukan perawatan pendukung bagi anak yang sakit pilek. Yakni:

1. Cukupi nutrisi dan cairan

Pemberian nutrisi atau asupan harus tercukupi. Lalu, cairan juga harus cukup agar tubuhnya terhidrasi."Biasanya, anak agak sedikit demam dan malas makan dan minum (pada saat batuk pilek)," tuturnya.

2. Jaga Kebersihan dan lingkungan

Saat anak batuk, tutup mulut dengan tangan dan cuci tangan sesudah itu. Saat menyeka ingus pastikan menggunakan kain lembut."Bila menggunakan tisu, buang ke tempat sampah," saran wanita kelahiran Semarang ini.

3. Cukup istirahat

"Usahakan anak cukup istirahat aga segera pulih," tutur Trully.

 

* BACA BERITA TERKINI LAINNYA DI GOOGLE NEWS