Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Posisi Seks Terbaik Bila Suami Nyeri Punggung

Liputan6.com, Jakarta Nyeri punggung bisa sangat mengganggu. Bagi mereka yang mengalami hal ini, membungkukkan tubuh ke depan bisa terasa sangat menyakitkan. Sementara bagi penderita nyeri punggung bawah, melengkungkan tubuh ke belakang malah menimbulkan nyeri. Jika Anda mengalami ini, berhubungan seks akan menjadi aktivitas yang menimbulkan rasa sakit.

Namun, ada cara untuk menyiasatinya. Ada beberapa posisi seks yang bisa diterapkan bagi pria dengan nyeri punggung bawah.

“Tidak ada posisi seks yang nyaman (bagi pasien nyeri punggung),” kata Natalie Sidorkewicz, doktor peneliti di  University of Waterloo, Kanada yang juga salah satu penulis dua penelitian tentang gerakan tulang belakang pasien nyeri punggung pria dan wanita saat berhubungan seks.

“Namun kita telah mengembangkan rekomendasi bagi perempuan yang memiliki berbagai kategori pemicu nyeri punggung,” kata Natalie.

Jika nyeri punggung Anda disebabkan oleh masalah cakram tulang belakang, sebaiknya hindari berhubungan seks di pagi hari. 

“Bangun dan bergerak selama satu jam bisa meredakan nyeri hingga 90 persen. Membuat seks semakin nyaman,” kata doktor itu.

 

 

2 dari 3 halaman

Pahami jenis nyeri punggung

Menurut Natalie, kebanyakan sakit punggung bisa dikategorikan dalam tiga kelompok :

Intoleran terhadap bungkukan

Nyeri tipe ini menjadi semakin sakit saat ada pergerakan membungkuk ke depan. Seperti mengambil pena dari lantai dan duduk terlalu lama.

Intoleran terhadap peregangan

Bagi pasien nyeri ini, meregangkan tubuh ke belakang atau posisi yoga yang melengkungkan tubuh ke belakang akan terasa sangat sakit. Rasa sakit yang ditimbulkan akibat lengkungan tubuh ke belakang.

Nyeri karena bergerak

“Gerakan apapun yang menggerakan tulang punggung seperti tegak atau berbaring bisa menimbulkan nyeri,” jelas Natalie.

3 dari 3 halaman

Posisi seks yang cocok untuk pasien nyeri punggung

Ada berbagai posisi seks yang tepat bagi penderita nyeri punggung, hanya saja perlu dicermati tipe nyeri yang mengganggu pergerakan Anda. Melansir Prevention, berikut posisi seks yang bisa dicoba:

Posisi Misionaris

Posisi ini tepat bagi Anda yang intoleran terhadap pergerakan atau lengkungan ke belakang. Natalie menyarankan, bila Anda sedang dalam posisi berbaring, seperti misionaris, menaruh bantal atau handuk yang tergulung bisa menyokong dan menstabilkan tulang punggung.

Doggy Style

Berbaring ke samping dan posisi berlutut, posisi ini paling nyaman bagi orang yang mengalami nyeri punggung bila membungkuk. Natalie berpesan agar Anda menyokong diri dengan menggunakan tangan, bukan siku untuk menjaga punggung dari posisi yang menyakitkan.

Namun bagi orang yang merasakan sakit bila melengkung ke belakang, berbaring ke samping atau bahkan posisi ini, bisa meningkatkan nyeri punggung. Posisi misionaris kemungkinan bisa menjadi pilihan yang lebih tepat. 

Natalie berkata, jika Anda sedang menumpu pada tangan dan lutut, coba jaga lekukan alami pada punggung bawah.

Woman on top

Riset Natalie belum sampai ke posisi ini. Namun jika ini memang pilihan Anda, riset doktor asal Amerika ini menyarankan laki-laki untuk mencoba metode yang berbeda, saat menyokong perempuan. Mencondongkan tubuh ke depan alih-alih bertumpu pada tangan bisa meringankan rasa sakit.

Patut diingat bahwa perubahan postur atau posisi yang kecil bisa membuat perbedaan besar. Jika posisi yang sekarang menimbulkan rasa nyeri, membungkuk ke depan atau belakang atau bahkan mengubah cara menyokong diri, bisa meringankan rasa sakit Anda.

Penulis : Selma Vandika

Loading
Artikel Selanjutnya
Sontek, 4 Trik Bikin Posisi Seks Misionaris Jadi Lebih Panas
Artikel Selanjutnya
Posisi Seks Teraman Setelah Melahirkan Caesar