Sukses

Catat, Ini Olahraga Terbaik bagi Penderita Nyeri Punggung Bawah

Ini gaya berenang yang disarankan bagi penderita nyeri punggung

Liputan6.com, Jakarta Olahraga tetap dibutuhkan bagi penderita nyeri punggung bawah. Di antara sekian banyak olahraga yang ada, renang yang paling disarankan seperti disampaikan dokter spesialis saraf RS EMC Sentul Jawa Barat, Dewanta Sembiring.

"Renang gaya bebas yang disarankan. Bagi penderita nyeri punggung bawah yang memiliki masalah di leher tidak disarankan renang dengan gaya dada," kata Dewa di hadapan puluhan dokter-dokter perusahaan dari Bogor dan sekitarnya dalam Update Manajemen Low Back Pain di Hotel Sahira Bogor, Selasa (30/4/2019).

Memang gaya bebas juga menggunakan bagian leher tapi tidak terlalu membebani seperti pada gaya dada. Sehingga tidak masalah bila dilakukan. Hanya saja, tak semua orang bisa melakukan olahraga satu ini. Lalu, selain renang, pasien nyeri punggung bisa melakukan olahraga apa?

"Bagi pasien nyeri punggung bawah, saya menyarankan untuk jalan kaki di dalam air itu juga bermanfaat," kata Dewa lagi.

Saksikan Juga Video Menarik Berikut

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Manfaat Berenang

Berenang merupakan olahraga dengan medium air yang bisa melatih otot-otot tubuh. Namun, tidak memberi tekanan pada seluruh sendiri tubuh seperti disampaikan dokter Sean McCance seperti dilansir laman Medium.

"Tekanan hidrostatik air juga membantu mendorong aliran darah ke otot-otot di bagian punggung didukung oleh otot-otot kecil lainnya," kata Sean.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.