Sukses

Cara Supaya Bayi Berserdawa, Mencegahnya dari Gumoh

Mencegah gumoh pada bayi bisa dilakukan dengan membiarkannya berserdawa

 

Liputan6.com, Jakarta - Orangtua baru seringkali kebingungan mencegah anaknya yang masih bayi mengalami gumoh.

Padahal, dengan membuat bayi berserdawa, gumoh atau mengeluarkan susu yang diminumnya tidak akan terjadi. Berserdawa bagi bayi memiliki manfaat yang sangat baik.

Yaitu melepaskan gelembung udara yang terperangkap di perut bayi. Berserdawa akan mencegah kembung dan membuat bayi lebih nyaman. Ia pun akan tidur lebih nyaman serta tak mudah rewel.

Bayi belum bisa serdawa secara langsung setelah minum susu. Perlu bantuan orang lain untuk membuatnya mengeluarkan udara di lambung. Penting bagi ayah dan ibu untuk membantunya berserdawa setelah minum susu.

Tak perlu bingung, ikuti saja langkah-langkah berikut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Gendong Bayi Biar Serdawa

Sebelum membuat si Kecil berserdawa, taruh kain bersih pada salah satu bahu. Menggunakan kain bersih ini sangat dianjurkan ketika menggendong si Kecil.

Hal ini agar pipi bayi menempel pada permukaan yang bersih. Pasalnya, kondisi pakaian tak selamanya bebas dari virus dan kuman. Kain tersebut juga melindungi pakaian dari tumpahan gumoh.

Gendong Bayi pada Posisi Nyaman

Cara membuat anak bersendawa selanjutnya adalah gendong si kecil dengan posisi yang nyaman. Kenyamanan tidak saja ditunjukkan untuk si Kecil saja, melainkan juga ditunjukkan pada yang menggendongnya.

Pastikan dagu si Kecil terletak di salah satu bahu yang telah diberi kain bersih. Tidak hanya dengan menggendongnya saja, sebagian besar orang tua juga kerap menggunakan kursi goyang untuk membantu proses membuat anak berserdawa.

Gendong dengan lembut dengan posisi yang agak lurus. Jangan terlalu kaku dan pastikan si kecil tak rewel.

 

3 dari 3 halaman

Cara Lain Biar Bayi Nyaman

Menepuk Pelan Punggung Bayi

Jika merasa lebih nyaman menggendong si kecil dengan dagu yang menempel di bahu, lakukanlah saja. Setelah menggendongnya, bisa duduk atau sambil berjalan tepuk-tepuk punggung si Kecil.

Usahakan untuk melakukannya secara lembut dan perlahan. Pasalnya, dengan menepuk terlalu keras dan cepat tidak akan mempengaruhi proses berserdawa untuk si Kecil.

Penulis : Tantiya Nimas Nuraini / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini