Sukses

6 Tips Tetap Aktif Selepas Mengikuti A Decade of MILO Jakarta International 10K

Satu dekade sudah MILO Jakarta International 10K (MILOJI10K) hadir di Jakarta untuk mengajak masyarakat menerapkan gaya hidup sehat dan aktif.

Liputan6.com, Jakarta Event akbar MILO Jakarta International 10K Tahun 2019 yang mengusung tema "A Decade of MILOJI10K" di kawasan Rasuna Epicentrum Kuningan Jakarta, Minggu (14/7) pagi berjalan dengan sukses. 16.000 pelari dari berbagai usia dan kalangan yang terbagi dalam lima kategori lari yakni 10K Open International, 10K Indonesian Only, 10K Indonesian Student, 5K Indonesian Only, serta Family Run 1,7K mengikuti rangkaian MILOJI10K dengan enjoy dan bahagia.

Satu dekade sudah MILOJI10K hadir di Jakarta untuk mengajak masyarakat menerapkan gaya hidup sehat dan aktif. Mengingat event ini hadir setahun sekali, tentu butuh aksi yang berkelanjutan dari kita agar gaya hidup sehat dan aktif benar-benar tertanam dalam diri.

Berikut ini 6 tips tetap aktif selepas mengikuti A Decade of MILO Jakarta International 10K:

1. Hindari Tidur Malam

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan adalah menghindari tidur malam. Jika Anda memiliki waktu tidur yang cukup, maka pagi harinya Anda dapat bangun dengan segar dan bahagia. Anda bisa melakukan aktivitas sehari-hari lebih awal sehingga metabolisme tubuh lebih baik dan siap menjalani aktivitas kerja maupun sekolah dengan baik.

Selain itu, memiliki waktu tidur minimal 6 jam sehari menjadi juga sarana untuk memperoleh tubuh bugar, berat badan yang proporsional, membantu meningkatkan ingatan dan merangsang kreativitas hingga menghindarkan dari stres.

2. Olahraga rutin mulai dari yang ringan

Gaya hidup sehat dan aktif perlu dilengkapi dengan olahraga. Karena berolahraga dapat membuat tubuh Anda terasa lebih baik dan memberikan motivasi diri untuk menjadi lebih aktif.

Mulailah dengan olahraga yang ringan untuk bisa memotivasi Anda lebih aktif. Pilih olahraga yang disukai dan jangan ikut-ikutan karena gaya, karena cenderung asal-asalan. Paling mudah ya lakukan jogging 3 kali seminggu, pergi ke gym dan juga yoga.

3. Ikut kelas olahraga dan komunitas

 

Supaya makin semangat berolahraga, kamu bisa mengikuti kelas dan komunitas olahraga yang kamu sukai. Olahraga bersama cenderung dapat meningkatkan motivasi diri, selain itu Anda juga bisa mendapatkan input atau informasi penting mengenai olahraga yang baik dan sehat.

Pentingnya kelas olahraga ini pun disadari MILO pada satu dekade MILOJI10K 2019, MILO hadir lebih meriah dan seru. Usung semangat #BisaLebihBersamaMILO, MILO menghadirkan program Kelas Berlari yang berlangsung sebelum perlombaan sesungguhnya dimulai. Di Kelas Berlari, peserta mendapatkan edukasi seputar olahraga lari yang diharapkan bisa meningkatkan pemahaman mengenai cara dan teknik olahraga lari yang baik dan benar.

Para peserta yang mengikuti segala program dan pelatihan yang sudah ditetapkan di Kelas Berlari MILO ini akan diundi dan mendapatkan kesempatan untuk mengikuti MILO National Marathon 2020 di Filipina.

4. Berinovasi dalam berolahraga

Supaya olahraga lebih seru dan asyik, Anda perlu melakukan inovasi dan kreasi. Misalnya olahraga sambil mendengarkan musik atau berkompetisi dengan keluarga dan sahabat untuk seru-seruan. Inovasi baru dalam berolahraga inilah yang dihadirkan oleh MILO pada event MILOJI10K 2019 lalu.

 

MILO menghadirkan area baru yaitu Energy2Play Parc yang ditujukan bagi para peserta untuk bisa mendapatkan pengalaman lebih dari sekadar berlari di MILO Jakarta International 10K. Di area ini ada beberapa permainan dan hiburan yang dapat dinikmati oleh para peserta agar tetap aktif dengan cara yang seru dan menyenangkan.

5. Perhatikan Asupan Makanan

Makanan yang tidak sehat dan cenderung kotor berpotensi membawa berbagai macam penyakit. Hindari terlalu sering makanan di luar yang belum terjamin kebersihannya. Tak hanya makanan sehat, kamu juga perlu perhatikan keseimbangan gizi dan nutrisi.

 

Corp Nutritionis Nestle, Eka Herdiana mengatakan karena tidak ada satu jenis makanan apapun yang mengandung seluruh jenis gizi, maka dalam setiap makanannya perlu mengandung karbohidrat, protein, sayuran dan buah-buahan.

"Vitamin dan Mineral sebagai zat pengatur dibutuhkan untuk mengatur proses metabolisme di dalam tubuh. Protein sebagai zat pembangun untuk tumbuh kembang dan mengganti sel-sel yang rusak. Karbohidrat sebagai zat tenaga. Sumber energi dan tenaga untuk beraktivitas," ujar Eka Herdiana.

6. Sarapan Bergizi

Sangat penting memenuhi kebutuhan energi sepanjang hari mulai dengan sarapan bergizi. Melewatkan sarapan dapat berdampak terhadap penurunan aktivitas fisik dan resiko untuk mengonsumsi makanan di luar yang tidak sehat.

"Karena tidak ada satu jenis makanan apapun yang mengandung seluruh jenis zat gizi yang dibutuhkan anak, maka dalam setiap makanannya perlu mengandung karbohidart, protein, sayuran dan buah-buahan. Vitamin dan Mineral sebagai zat pengatur dibutuhkan untuk mengatur proses metabolisme di dalam tubuh. Protein sebagai zat pembangun untuk tumbuh kembang dan mengganti sel-sel yang rusak. Karbohidrat sebagai zat tenaga. Sumber energi dan tenaga untuk beraktivitas," ujar Herdiana.

Melalui MILO Jakarta International 10K, MILO terus berkomitmen untuk mengkampanyekan gaya hidup sehat dan aktif kepada seluruh keluarga Indonesia. Harapannya, bukan hanya tetap aktif selama event berlangsung, tapi juga membiasakan diri untuk rutin dan cinta olahraga untuk menjaga kesehatan. Selain itu, ada beberapa nilai yang bisa dipetik dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari disiplin, pantang menyerah, kerja sama, hingga keberanian.

Yuk, jadi bagian generasi yang tetap aktif dan #BisaLebihBersamaMILO! Sampai jumpa di MILO Jakarta International 10K tahun depan ya!

 

(Adv)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini