Sukses

Sama seperti FaceApp, Sabu pun Bikin Orang Terlihat Sangat Tua

Liputan6.com, Jakarta Aplikasi FaceApp yang menghebohkan jagat dunia maya tiga hari terakhir begitu digemari. Lantaran kecanggihannya yang 'bisa' memprediksi rupa atau wajah para pengguna di kala tua.

Anda mungkin menjadi salah satu orang yang sudah mencoba aplikasi FaceApp ini. Bagaimana? Anda puas dengan hasil yang ditampilkan itu? Atau Anda menyesal setelah tahu wujud Anda beberapa tahun mendatang akan tampak begitu tua?

Tenang, Anda usah merisaukan hal tersebut. Anda tak bakal tampak setua di FaceApp itu jika saat ini sudah menerapkan pola hidup yang sehat. 

"Proses menua itu wajar dan normal," kata dokter spesialis kulit dan kelamin, Laksmi Duarsa saat dihubungi Health Liputan6.com pada Jumat, 19 Juli 2019. 

 

 

 

 

2 dari 3 halaman

Manusia Normal Pasti Tua

Menurut Laksmi, manusia lahir memang dalam keadaan normal. Namun, ketika memasuki usia dua atau tiga, proses penuaan itu telah terjadi. "Penyebab orang jadi cepat tua ada eksplisit dan implisit. Kalau proses penuaan itu memang kita mengalaminya," ujarnya. 

Laksmi melanjutkan bahwa proses menjadi tua atau menua tergantung bagaimana hidup kita sehari-hari. Kalau setiap hari merokok, terpapar asap rokok, terpapar debu, dan berperilaku hidup yang tak sehat, akan mempercepat proses tersebut. 

"Perilaku yang seperti itu yang tiba-tiba membuat kita tua," katanya.

 

3 dari 3 halaman

Pengguna Narkoba Bisa Cepat Tua

Apalagi kalau Anda seorang pengguna narkoba jenis sabu, dampaknya akan terasa sekali pada wajah. 

"Sabu itu bikin orang cepat terlihat tua," kata dokter kesehatan jiwa yang juga dokter narkotika, Benny Ardjil saat dihubungi Health Liputan6.com di hari yang sama. 

Benny menjelaskan karena sabu yang masuk ke dalam tubuh si pemakai akan merusak kolagennya. 

"Mudahnya, sabu itu menurunkan napsu makan orang. Orang yang tidak makan akan terlihat lebih tua," katanya.

Namun, lanjut Benny, kondisi bisa normal kembali bila pemakai sudah berhenti dari kebiasaannya mengonsumsi narkoba. "Kalau pemakainya itu masih muda, bisa. Kalau sudah berumur, ya belum tentu," Benny menekankan.

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Transformasi Wajah Ridwan Kamil Usai Ikut Tren FaceApp
Artikel Selanjutnya
Top 3 Tekno: FaceApp Abal-Abal Tipu 10 Ribu Orang Indonesia