Sukses

Soal Broadcast Pengobatan Gratis Kanker Tanpa Operasi dan Kemo, RSPAD: Itu Hoaks

Liputan6.com, Jakarta - Broadcast atau pesan berantai soal pengobatan gratis kanker tanpa operasi dan kemoterapi kembali muncul. Pesan tersebut diterima di aplikasi grup percakapan WhatsApp pada Kamis, 18 Juli 2019.

Dalam pesan berantai tersebut ditulis bahwa RS Gatot Subroto Jakarta kini sudah bisa menyembuhkan kanker stadium 4.

"Kawan2..... RS Gatot Subroto Jakarta, sudah mulai ada pengobatan tumor ganas/ kanker CELL CURE, telah berhasil menyembuhkan kanker stadium 4, tanpa operasi, tanpa chemo therapy...," begitu bunyi pesan tersebut.

Disebutkan juga bahwa Yayasan Miracle Hope ingin membantu asalkan pasien mengisi biodata kemudian mengirimkan ke email atas nama Fani Fardiani atau pin Blackberry.

Pesan berantai yang sama juga pernah diterima pada Mei 2019. Health-Liputan6.com bertanya kebenaran pesan berantai tersebut kepada Kepala Rumah Sakit Pusat Angkatan Darat Gatot Soebroto, Terawan Agus Putranto. Dia pun mengatakan agar masyarakat tidak mempercayai isu tersebut.

"HOAX mbak," kata Terawan dalam pesan singkat kepada Health-Liputan6.com.

Kementerian Komunikasi dan Informatika pun sudah melakukan penelusuran terhadap pesan berantai ini. Ternyata ini adalah penipuan yang sudah beredar dari 2013. Nama orang yang tercantum dalam postingan tersebut adalah wanita 33 tahun. 

"Dia adalah seorang marketer yang mencari database orang sebanyak-banyaknya, sedangkan yayasan miracle of hope lebih fokus pada masalah diabetes dan memberi informasi yang diperlukan dan keterampilan untuk hidup sehat. Yayasan miracle of hope juga menangani masalah kanker namun pada menu di profilnya juga membutuhkan dana agar dapat membantu pasiennya," seperti dilansir laman kominfo.go.id, Kamis (18/7/2019).

 

Loading
Artikel Selanjutnya
Hati-Hati! Surat Panggilan Kerja Hoaks
Artikel Selanjutnya
BPIP: Penyebaran Hoaks Lemahkan Nilai Pancasila