Sukses

Posisi Tidur yang Tepat Saat Mag Kambuh Seperti Dialami Wali Kota Risma

Ada posisi tidur yang tepat saat didera mag kambuh seperti yang dialami Wali Kota Risma.

Liputan6.com, Jakarta Ketika mag kambuh seperti yang dialami Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, perlu juga memperhatikan posisi tidur yang tepat. Lewat posisi tidur yang tepat bisa mencegah asam asam lambung naik sehingga bisa tidur dengan nyaman.

Menurut dokter spesialis penyakit dalam konsultan gastroenterologi hepatologi, Hendra Nurjadin, posisi tidur miring ke kanan adalah posisi yang tepat saat mag kambuh. 

 "Kalau posisi tidur miring ke kanan, asam lambungnya tertahan. Lantas gampang meluap ke atas (kerongkongan). Makanya, sebaiknya tidur (miring) ke kiri supaya asam lambung yang terbentuk akan langsung turun ke usus 12 jari," papar Hendra saat ditemui di Jakarta beberapa waktu silam, ditulis Kamis (27/6/2019).

Tidur miring ke kiri, lanjut Hendra, juga dipengaruhi secara fisiologis. Saat tidur miring ke sebelah kiri, asam lambung akan lebih mudah mengalir ke usus. 

Simak Video Menarik Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Mag Bisa Ganggu Tidur

Dokter Mega Putri dari KlikDokter pernah memaparkan penelitian bahwa 1 dari 4 orang yang punya riwayat mag akan mengalami gangguan tidur akibat gejala yang muncul di malam hari. Mereka mengalami insomnia dan mengganggu aktivitas di pagi hari karena mengantuk.

Kondisi tersebut terjadi diakibatkan asam lambung yang naik ke kerongkongan dan merusak dinding esofagus. Bila asam lambung sampai naik ke saluran napas, maka memicu batuk atau rasa tersedak.

Dikutip dari KlikDokter, Mega juga menyarankan beberapa hal agar orang yang sakit mag bisa tidur dengan nyenyak.

  • Naikkan kepala sekitar 15-20 cm dari tempat tidur untuk mencegah asam lambung naik ke arah esofagus.
  • Jangan tidur dalam posisi telentang, terutama apabila Anda mengalami obesitas. Ini karena tekanan yang besar dari perut akan menekan lambung dan memaksa isinya untuk naik ke atas.
  • Gunakanlah baju yang longgar atau tidak ketat ketika tidur. Baju yang ketat akan menekan lambung sehingga memudahkan asam lambung naik.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.