Sukses

Kebiasaan Hirup Bau Mobil Baru Ternyata Berbahaya

Hampir setiap orang menyukai bau dari mobil baru.

Liputan6.com, Jakarta - Tidak sedikit orang menyukai aroma mobil baru. Para peneliti sampai hari ini belum mengetahui alasan pasti di balik kebiasaan itu. 

Kemungkinan besar hal tersebut disebabkan adanya hubungan antara bau dengan kemewahan saat membeli kendaraan baru. 

Mulai sekarang ada baiknya kebiasaan itu dihilangkan. Nyatanya, bau dari mobil baru sebenarnya beracun dan dapat membahayakan kesehatan Anda.

Banyak orang yang menyukainya tetapi tidak menyadari betapa berbahayanya hal ini untuk kesehatan.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perihal Aroma Mobil Baru

Investigator mikroba dan pendiri RTK Enviromental Group Robert Weitz mengatakan bahwa bau mobil baru yang Anda hirup sebenarnya karena sesuatu yang disebut volatile organic compounds atau VOCs.

Bau tersebut muncul saat beberapa material menyebabkan mobil Anda 'outgas' dan mengeluarkan VOCs.

"Ada banyak VOCs yang dapat menyebabkan kanker dan sebagian akan menyebabkan gejala pada individu berupa masalah sistem pernafasan, sakit kepala serta nyeri sendi dan otot," kata Weitz seperti dikutip dari Reader's Digest pada Sabtu, 22 Juni 2019.

"Kita semua memiliki perkembangan yang berbeda dan VOCs tersebut memiliki dampak berbeda pada kita," Weitz melanjutkan.

Saat bau mobil baru tersebut mulai hilang maka VOCs pun juga hilang. Namun, pada saat cuaca panas, material tersebut bisa menyebabkan mobil 'outgas' kembali.

Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan membuka jendela mobil Anda. Selain itu, hindari menghirup napas terlalu dalam saat berada dalam mobil baru.

Penulis: Khairuni Cesario

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini