Sukses

Zurich Raih Predikat Kota dengan Kualitas Hidup Terbaik Sedunia

Deutsche Bank merilis daftar kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia.

Liputan6.com, Jakarta Deutsche Bank merilis daftar kota yang memiliki kualitas hidup terbaik di dunia. Berdasarkan analisis mereka terhadap biaya dan standar hidup di kota-kota seluruh dunia, Zurich berada di peringkat pertama kota dengan kualitas hidup terbaik. Juga kota tempat tinggal dengan biaya hidup termahal.

Melansir laman New York Post, tahun ini Zurich memang naik satu peringkat dari posisinya di 2018. Pada posisi berikutnya ada Wellington, New Zealand,, Copenhageh, Edinburgh, dan Wina.

Deutsche Bank memang tak memberi peringkat pada semua kota metropolitan di seluruh dunia, melainkan lebih fokus pada market finansial global yang relevan saja.

Masalah peringkat kualitas hidup memang sangat subyektif. Deutsche Bank mengakui hal tersebut dalam laporan mereka. Ini karena setiap orang memiliki kriteria berbeda mengenai kota seperti apa yang menurut mereka paling baik sebagai tempat tinggal.

Karenanya, Deutsche Bank tidak berfokus pada budaya, hiburan serta kesempatan sosial suatu kota untuk menetukan penilaian mereka.

"Studi kami bukanlah patokan definitif terhadap hal tersebut melainkan sebuah permulaan yang baik untuk debat," ucap penulis studi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Parameter kota dengan dengan kualitas hidup terbaik

Studi yang dilakukan Deutsche Bank itu menggunakan kombinasi crowdsourcing dan survei terhadap harga. Sementara pemilihan kota yang dianggap memiliki kualitas hidup tinggi, Deutsche Bank mengumpulkan nilai dari daya beli konsumen konsumen mereka, tingkat kejahatan dan keamanan di kota tersebut, akses terhadap layanan kesehatan secara keseluruhan, harga bahan-bahan pokok, kemampuan mendapatkan tempat tinggal yang dihitung dalam bentuk rasio penadapatan harga properti, kemacetan serta jumlah komuter, iklim dan polusi.

Hasil studi menunjukkan, Zurich menjadi kota yang paling tinggi daya beli, tingkat keamanan, serta indeks polusinya. Sedangkan Wellington sangat menonjol dalam rasio pendapatan dan harga properti, tingkat kemacetan dan polusinya dibandingkan dengan New Zealand.

Copenhagen juga mendapat skor yang baik dalam hal keamanan, layanan kesehatan, trafik komuter serta tingkat polusinya. Meski Zurich berhasil naik ke peringkat utama sebagai kota dengan kualitas hidup paling baik, kota terbesar di Swiss ini berada di posisi dua dalam hal pendapatan bulanan yang ada dalam daftar Deutsche Bank. Zurich berada di belakang San Fransisco.

3 dari 3 halaman

Daftar 10 kota dengan kualitas hidup terbaik

Berikut 10 daftar kota di dunia dengan kualitas hidup paling baik versi Deutsche Bank:

1. Zurich, Swiss

2. Wellington, New Zealand

3. Copenhagen, Denmark

4. Edinburgh, Inggris

5. Wina, Austria

6. Hesinki, Finlandia

7. Melbourne, Australia

8. Boston, Amerika Serikat

9. San Fransisco, Amerika Serikat

10. Sydney, Australia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.