Sukses

Peringatan Konten!!

Artikel ini tidak disarankan untuk Anda yang masih berusia di bawah

21 Tahun

Verifikasi UmurStop Disini

Berhubungan Seks Saat Menstruasi, Perlu Pakai Kondom?

Liputan6.com, Jakarta Kondom ternyata perlu digunakan untuk berhubungan seks saat Anda menstruasi. Berdasarkan survei Condom Use Research Team (CURT) di Kinsey Institute, 21 persen wanita yang menstruasi cenderung memutuskan untuk menggunakan kondom ketika mereka berhubungan seks.

Sebanyak 74 persen wanita menyampaikan, keputusan menggunakan kondom adalah keputusan bersama. Studi ini mencakup 95.000 wanita yang sedang menstruasi dari 200 negara.

Clue Science and Education Manager, Anna Druet mengungkapkan, penggunaan kondom selama menstruasi di kala bercinta untuk menghindari penularan infeksi menular seksual (IMS) dan kehamilan yang tak terduga.

"Masalahnya adalah Anda rentan terhadap kehamilan dan IMS waktu bercinta saat sedang menstruasi. Inilah alasan perlu menggunakan kondom," jelas Druet, sesuai dikutip dari Bustle, Selasa (21/5/2019).

Ketika ditanya dari sisi penularan IMS dan kehamilan, sebanyak 15 persen tidak menggunakan kondom saat menstruasi. Kemudian 30 persen wanita kurang khawatir tentang kehamilan selama menstruasi dan 31 persen tidak cemas tentang tertular IMS.

2 dari 4 halaman

Tidak tahu pasti kapan waktu subur

"Waktu subur seseorang (hari-hari di mana seks dapat memicu kehamilan) bisa saja terjadi saat menstruasi. Anda dapat memperkirakan kapan waktu subur menggunakan aplikasi pelacakan menstruasi. Tapi itu tidak juga efektif," Druet menekankan.

Faktor suhu tubuh basal dan tes urin luteinizing hormone (LH) memberi tahu saat wanita mengalami ovulasi. Sayangnya, hal itu tidak selalu memprediksi kapan waktu subur datang. Ini karena sebagian besar siklus menstruasi sedikit tidak teratur.

Sperma dapat bertahan hidup

Sperma dapat hidup selama 3-5 hari di dalam rahim, kata Druet. Jika Anda tidak menggunakan kondom saat berhubungan seks sewaktu menstruasi, maka Anda masih bisa hamil beberapa hari kemudian.

3 dari 4 halaman

Risiko IMS lebih besar

Menstruasi sebenarnya dapat membuat Anda lebih cenderung untuk berisiko kena IMS.

"Risiko tertular IMS dari pasangan yang terinfeksi cenderung lebih tinggi pada titik-titik tertentu dari siklus menstruasi Anda, termasuk selama fase luteal (dari ovulasi ke menstruasi) dan selama menstruasi," tambah Druet. "Ini mungkin terjadi karena perubahan fisik dan fungsi kekebalan selama fase siklus hormon yang berbeda."

Jika Anda ingin mencegah kehamilan dan IMS, Anda harus menggunakan kondom selama berhubungan seks di setiap fase siklus menstruasi.

4 dari 4 halaman

Saksikan video menarik berikut ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Makna Mimpi Bercinta dengan Bos hingga Mantan Kekasih
Artikel Selanjutnya
Terlalu Sibuk, Orang Inggris Berhubungan Seks Seminggu Sekali