Sukses

Gunakan Sandal Platform, Berisiko Cedera

Sol sandal platform yang sangat kaku bisa memengaruhi keseimbangan tubuh dan membuat pemakainya berisiko cedera.

Liputan6.com, Jakarta Tren fashion era '90-an tampaknya kembali berjaya. Terlihat dari mulai maraknya sandal platform menghiasi dunia mode.

Desainer dunia seperti Steve Madden mulai meluncurkan koleksi sandal platform ikonik untuk brand Urban Outfitters. Begitu pula dengan model Suki Waterhouse yang bergaya dengan sandal platform setinggi 4 inci dari Simon Miller.

Sandal platform atau biasa disebut platform sandals adalah alas kaki dengan sol sangat tebal. Sandal serupa ini sangat populer pada tahun 1990-an. Namun, para praktisi kesehatan menyarankan untuk tak menggunakan sandal jenis ini. Menurut mereka, sandal platform berdampak buruk pada kesehatan kaki.

"Jauhi sandal seperti ini," ujar Dr Hillary Brenner, podiatris yang berbasis di Financial District, melansir laman New York Post.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Berisiko cedera

Dr Brenner menerangkan, sol sandal platform yang sangat kaku bisa memengaruhi keseimbangan tubuh dan membuat pemakainya berisiko kesleo.

Berbeda dari alas kaki jenis sneakers yang memiliki sol lebih fleksibel, sandal platform tak nyaman untuk dipakai berjalan kaki.

Bahkan menurut Dr Brenner banyak pengguna sandal platform yang berkunjung ke kliniknya karena cedera pergelangan kaki.

Tak hanya itu, penggunaan sandal platform juga berisiko memmbuat sakit punggung.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini