Sukses

Gejala Amandel, Penyebab dan Cara Mengobati yang Aman Tanpa Operasi

Liputan6.com, Jakarta Banyak dari kamu mungkin pernah mengalami radang amandel. Radang amandel sendiri memang lebih banyak dialami oleh anak-anak. Akan tetapi, orang dewasa pun bisa terkena radang amandel ini. Saat terjadi, gejala amandel yang bisa kamu rasakan ialah kesulitan untuk menelan dan juga merasakan sakit pada bagian tenggorokan.

Radang amandel ini pun terjadi karena adanya infeksi pada amandel. Hal inilah yang menyebabkan sakit pada tenggorokan. Bahkan saat terinfeksi pada amandel, kamu pun bisa demam juga. Terkena radang amandel ini karena adanya pembengkakkan pada tonsil atau amandel karena adanya kuman penyakit.

Bukan hanya bisa membuat kamu merasa sulit untuk menelan, akan tetapi jika dibiarkan penyakit amandel ini pun cukup serius. Hal ini karena bila kondisi dari amandel cukup parah, tindakan operasi pun harus kamu jalani. Biasanya kondisi amandel yang memburuk ini paling banyak terjadi pada anak-anak dan juga remaja.

Amandel sendiri memiliki fungsi untuk mendukung sistem imun pada tubuhmu. Akan tetapi, saat sistem imun tubuh mulai turun biasanya gejala amandel ini pun akan muncul. Gejala amandel ini pun sebenarnya cukup umum dialami.

Biar kamu lebih tahu mengenai gejala amandel, penyebab dan cara mengobatinya, berikut Liputan6.com telah merangkumnya dari berbagai sumber, Selasa (19/3/2019).

2 dari 4 halaman

Gejala Amandel yang Biasa Dirasakan

Sebelum kamu terkena radang amandel, biasanya akan ada gejala amandel yang ditunjukkan. Gejala amandel ini pun cukup sering terjadi karena sistem kekebalan tubuh yang sedang menurun. Berikut ini beberapa gejala amandel yang perlu kamu ketahui:

1. Sakit pada tenggorokan

Gejala amandel yang cukup umum terjadi ialah nyeri atau pun sakit pada tenggorokan. Hal ini terjadi karena amandel sendiri berada pada area tenggorokan. Oleh sebab itu, saat amandel mengalami pembengkakan akibat infeksi, gejala amandel yang bisa kamu rasakan ialah sakit tenggorokan.

2. Sakit saat menelan

Gejala amandel lainnya ialah kamu akan mengalami sakit saat sedang menelan makanan atau minuman. Hal ini karena makan dan minuman yang kamu telan mengenai amandel yang sedang terinfeksi. Selain itu, jika mengalami sakit dan sulit untuk menelan, maka kemungkinan kamu terkena peradangan pada amandel pun semakin besar.

3. Demam

Dikarenakan menurunnya sistem kekebalan pada tubuh, maka kamu pun bisa dengan mudah terkena demam. Demam sendiri bisa menunjukan gejala amandel yang dialami. Apalagi jika kamu demam dan juga sakit tenggorokan selama 1 atau 2 hari. Tentu saja kemungkinan kamu bisa juga mengalami radang amandel.

4. Sakit kepala

Sakit kepala yang diakibatkan oleh radang amandel ini disebabkan karena adanya kenaikan pada suhu tubuh. Apalagi jika asupan makanan pun kurang terpenuhi karena sakit pada tenggorokan yang mengakibatkan susah menelan. Tentu saja energi tubuh pun akan berkurang dan kamu bisa terserang sakit kepala.

5. Batuk

Meskipun batuk bukan merupakan gejala amandel secara umum, akan tetapi beberapa orang bisa juga mengalami batuk saat peradangan amandel. Hal ini karena radang amandel tersebut telah menyebar sampai ke paru-paru. Selain itu, batuk kering secara terus menerus pun bisa menyebabkan peradangan pada amandel.

Jika kamu telah mengalami ciri-ciri gejala amandel di atas, ada baiknya segera lakukan pengobatan. Selain itu, kamu pun harus memperhatikan penyebab dan cara mengobati agar radang amandel yang kamu miliki tidak membesar dan dioperasi.

3 dari 4 halaman

Penyebab dari Radang Amandel

Penyebab dari radang amandel ini bisa dikarenakan virus dan juga bakteri. Untuk virus, penyebab dari radang amandel ini pun sama seperti halnya virus yang mengakibatkan flu dan juga batuk. Sedangkan bakteri penyebab radang amandel ini ialah bakteri streptococcus bacteria. Hal ini yang menyebabkan gejala amandel sama seperti gejala flu dan juga batuk.

Bukan hanya karena virus dan bakteri yang menyebabkan peradangan amandel. Kebiasaan merokok dan memiliki riwayat sakit asam lambung pun bisa menjadi penyebab dari radang amandel ini.

Penyakit asam lambung memang bisa menyebabkan radang tenggorokan. Hal ini dikarenakan katup yang ada pada otot kerongkongan menutup jalan makanan tidak kembali ke tenggorokan. Karena hal ini lah, asam lambungmu yang justru mengalir ke kerongkongan dan membuat iritasi di dindingnya.

Selain itu memiliki kebiasaan merokok pun bisa menjadi penyebab peradangan amandel. Hal ini dikarenakan reaksi amandel pada zat kimia yang terdapat pada rokok membuat amandel membengkak.

4 dari 4 halaman

Cara Mengobati Peradangan Amandel

Jika menderita radang amandel, kamu tak perlu terburu-buru untuk melakukan operasi. Karena kamu pun bisa menyembuhkan amandel tanpa harus melalui prosedur operasi. Selain itu, cara mengobati gejala amandel ini pun bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah.

Kamu bisa mengobati gejala amandel saat nyeri pada tenggorokan dengan cara kumur menggunakan air garam. Kumur dengan air garam ini bisa membantumu untuk membersihkan lendir pada tenggorokan. Selain itu, minum-minuman seperti teh yang dicampur madu pun bisa membantumu mengatasi radang amandel.

Memiliki radang amandel pun bisa diringankan dengan memakan makanan yang dingin seperti es krim. Hal itu karena makanan dingin bisa bantu ringankan rasa sakit akibat dari tonsilitis pada tenggorokan.

Kamu juga bisa menyemprotkan semprotan tenggorokan dan juga lozenges untuk memberikan lapisan dan juga melembabkan pada tenggorokan. Selain itu, bisa juga digunakan sebagai penghilang rasa sakit di tenggorokan.

Loading
Artikel Selanjutnya
Gejala Radang Tenggorokan yang Bisa Menyerang Siapa Saja, Kenali Penyebab dan Obatnya
Artikel Selanjutnya
Makanan Penyebab Radang Tenggorokan, Jangan Sepelekan