Sukses

Wabah Penyakit Rusa Zombie Bisa Menular ke Manusia

Liputan6.com, Amerika Serikat Penyakit rusa zombie (zombie deer disease) sedang mewabah di seluruh Midwest, Amerika Serikat. Beberapa ahli memperingatkan, hal itu bisa menjadi ancaman bagi manusia. Bahkan penyakit rusa zombie ini bisa menular ke manusia.

Dalam istilah medis, penyakit ini disebut penyakit wasting kronis (chronic wasting disease) memengaruhi rusa, elk (rusa besar), dan moose (jenis rusa Amerika Utara). Penyakit ini mengikis otak sehingga hewan mengeluarkan air liur dan lesu layaknya zombie.

Centers for Disease Control and Prevention menjelaskan, kasus penyakit wasting kronis telah dilaporkan setidaknya di 24 negara bagian serta dua provinsi di Kanada, dilansir dari CBS News, Selasa, 26 Februari 2019.

Penyakitnya selalu fatal. Diperkirakan menyebar di antara hewan melalui kontak dengan cairan dan jaringan tubuh yang terkontaminasi. Ini juga dapat ditularkan secara tidak langsung melalui paparan lingkungan. Misal, air minum yang tercemar atau makanan.

"Ini adalah penyakit yang tidak bisa Anda singkirkan," kata Kepala Margasatwa Divisi Sumber Daya Alam Iowa, Dale Garner. "Sejauh ini, tidak ada obatnya. Jadi selama ada rusa, maka itu (penyakit wasting kronis) terus menyebar dari satu binatang ke binatang lainnya."

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 2 halaman

Mirip penyakit sapi gila

Hingga saat ini, belum ada kasus penyakit wasting kronis pada manusia. Namun, beberapa ahl menyampaikan kekhawatiran, penyakit ini dapat menimbulkan ancaman bagi orang-orang.

Direktur Center for Infectious Disease Research and Policy di University of Minnesota, Michael Osterholm memperingatkan, sifat penyakit ini mirip dengan penyakit sapi gila. Penyakit yang dapat ditularkan dari sapi yang terinfeksi ke manusia.

"Ini adalah penilaian profesional terbaik saya berdasarkan pengalaman dari kesehatan masyarakat. Bahwa besar kemungkinan kasus penyakit wasting kronis manusia yang terkait dengan konsumsi daging (rusa) yang terkontaminasi akan tercatat di tahun-tahun mendatang," jelas Michael.

Ada kemungkinan, jumlah kasus penyakit rusa zombie pada manusia akan sangat besar.

Loading
Artikel Selanjutnya
Terkait Formula E, Jakpro Targetkan Pengaspalan di Monas Selesai 1 Bulan
Artikel Selanjutnya
Harga Sewa Kantor Premium di Jakarta Masuk Peringkat Termahal di Dunia