Sukses

14 Cara Ampuh Mengontrol Diri saat Marah (2)

Liputan6.com, Jakarta Saat emosi berada di atas logika, hal-hal tak terduga bisa terjadi. Termasuk saat marah, seseorang bisa merusak atau melakukan hal-hal yang merugikan orang lain.

Berikut beberapa hal yang bisa dilakukan untuk mengontrol diri saat marah melanda bagian dua. Selengkapnya, seperti dilansir laman Healthline, Jumat (8/2/2019).

8. Beristirahat

Saat marah, coba pergilah ke suatu tempat yang tenang atau Anda bisa duduk berjauhan dari orang lain. Suasana sepi dapat mengembalikan emosi seperti semula.

9. Bicara dengan teman

Curhat. Jangan menyimpan masalah sendiri. Akan lebih baik, jika Anda berbicara dengan teman yang dipercaya. Mungkin mereka akan memberikan solusi untuk masalah Anda.

 

2 dari 3 halaman

Menonton video lucu

10. Menonton video lucu

Buang amarah Anda dengan mencari cara untuk tertawa. Bisa seperti menonton video lucu, melihat meme, atau bermain dengan keluarga/teman Anda.

11. Memaafkan

Akan sukar untuk mengampuni mereka yang membuat Anda marah. Setidaknya Anda bisa berpura-pura memaafkan mereka. Dengan begitu, rasa amarah yang dirasakan akan terasa mulai menghilang.

12. Lihat di sudut pandang mereka

Lihat dari sudut pandang mereka. Anda mungkin mendapatkan pemahaman baru dan menjadi tidak terlalu marah.

 

3 dari 3 halaman

13. Ungkapkan rasa marah atau teriak

Tidak apa-apa untuk mengatakan bagaimana perasaan Anda, selama bisa mengontrol emosi dengan benar. Salah satunya dengan berteriak di tempat yang sepi. 

14. Tuangkan amarah

Ubah amarah Anda menjadi sebuah karya. Lukisan, puisi, dan lagu dapat membantu Anda melupakan amarah yang sedang dirasakan. Bisa saja karya Anda menjadi sukses dan terkenal.

Jika ke-14 tips di atas tidak membantu, pertimbangkan untuk berbicara dengan psikolog. Sehingga, ada sosok profesional yang bisa membantu Anda. 

(Penulis: Dara Elizabeth)

Loading
Artikel Selanjutnya
Curhat Bisa Redakan Marah di Tempat Kerja