Sukses

67 Jenis Bakteri Bersemayam di Pusar yang Jarang Dibersihkan

Liputan6.com, Jakarta Saat mandi, apakah Anda juga turut membersihkan area pusar? Berhubungan ukurannya kecil, banyak yang lupa membersihkan pusar. Padahal, pusar yang tidak dibersihkan merupakan sarang bakteri. 

Membersihkan pusar adalah hal yang harus dilakukan secara teratur dan dengan cara yang benar. Dalam pusar, berkumpul banyak hal mulai dari bakteri, keringat, sabun, kotoran, debu, dan lainnya.

Dilansir dari Women's Health, Sebuah penelitian di North Carolina State University mengungkap bahwa rata-rata dalam pusar terdapat 67 jenis bakteri. Oleh karena itu, pusar juga harus dibersihkan seperti bagian tubuh lainnya.

Mengabaikan kebersihan pusar bisa menyebabkan pusar berbau atau bahkan memicu infeksi seperti gatal dan kemerahan. Lantas bagaimana cara membersihkan pusar dengan benar?

 

Alexandria V. Booth, M.D, ahli kulit dari HealthCare Partners menjelaskan bahwa pusar bisa dibersihkan secara teratur saat mandi, yaitu dengan dibasuh menggunakan air.

Jika lubang pusar kamu cukup dalam, kamu juga harus membersihkannya sekali seminggu dengan cotton bud menggunakan sabun dan air. Bagi yang memiliki pusar menonjol keluar, membersihkannya saat mandi saja sudah cukup.

(Penulis: Rizky Wahyu Permana/Merdeka.com)

 

Saksikan juga video menarik berikut

DEBAT CAPRES: Energi, Pangan, Infrastruktur, Sumber Daya Alam, dan Lingkungan Hidup Sesi 5

Tutup Video