Sukses

Daftar 10 Kecamatan di Lebak yang Endemik DBD

Ada 10 kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten, yang dinyatakan sebagai wilayah endemik penyebaran DBD.

Liputan6.com, Jakarta Kasus demam berdarah dengue (DBD) juga terdapat di Kabupaten Lebak, Provinsi Banten. Ada 10 kecamatan yang dinyatakan sebagai wilayah endemik penyebaran DBD.

Kecamatan endemik penularan DBD yakni Warunggunung, Rangkasbitung, Cibadak, Kalanganyar, Bayah, Sajira, Cipanas, Wanasalam, Malingping dan Banjarsari.

Menurut Kepala Bidang Pemberantasan dan Pencegahan Penyakit Menulari Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak Firman Rahmutallah, buruknya kebersihan lingkungan jadi penyebab kecamatan tersebut jadi wilayah endemik. Sehingga, banyak area yang jadi sarang nyamuk Aedes aegypti.

"Mereka yang terserang DBD sebagian besar warga yang tinggal di pemukimanan padat penduduk," kata Firman seperti dikutip laman Antaranews, Minggu (27/1/2019).

Guna menekan kasus DBD di Lebak, Firman dan timnya terus mensosialisasikan upaya pencegahan DBD agar tidak menimbulkan wabah atau kejadian luar biasa (KLB).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Cegah DBD

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menekan kemungkinan terkena DBD. Direktur Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tular Vektor dan Zoonotik, dr Siti Nadia Tarmizi menyampaikan cara agar terhindar DBD.

1. Memastikan rumah bebas nyamuk dan jentik nyamuk

"Harus dimulai dari kita sendiri, penularannya kan di rumah. Jadi harus memastikan rumah bebas nyamuk. Harus dibersihkan dan tidak ada jentik nyamuk di rumah," kata Nadia saat dihubungi Health-Liputan6.com.

2. Jaga daya tahan tubuh

"Di tengah-tengah perubahan cuaca seperti ini jagalah daya tahan tubuh. Karena kan di saat seperti ini cenderung sakit, jadi jaga daya tahan tubuh ya," saran Nadia.

3. Curiga bila demam mendadak

Kala kasus DBD merebak, bila tubuh demam 1-2 hari segera ke klinik atau puskesmas terdekat.

"Kan gejala yang khas itu demam tinggi dan ada bintik merah. Kadang, belum sampai ke bintik merah atau demam hanya sedikit, itu sudah demam berdarah. Maka perlu pemeriksaan darah untuk memastikan apakah DBD atau bukan," kata Nadia.

4. Pola nyamuk menggit pada pagi dan sore

Nyamuk betina Aedes aegypti yang membawa virus dengue menggigit di pagi dan sore hari. Oleh karenanya, orangtua harus memastikan anak-anak terhindar dari gigitan nyamuk. 

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Demam berdarah dengue merupakan infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

    Demam Berdarah Dengue

  • Demam berdarah dengue atau disingkat DBD, atau disebut juga demam dengue/demam berdarah, adalah infeksi yang disebabkan oleh virus dengue.

    DBD