Sukses

5 Keseruan Mengurus Bayi Baru Lahir Bersama Mertua

Liputan6.com, Jakarta Mendapat bantuan dari orang-orang terdekat saat bayi lahir tentu menyenangkan. Selain orangtua, biasanya mertua pun ikut hadir membantu. Simak pengalaman mom Regina Nabila Fiardini dari Babyologist kala mengurus buah hati bersama mertua. 

 

Kehadiran kakek dan nenek dikhawatirkan mendominasi pola pengasuhan lantaran sudah berpengalaman. Namun, kenyataannya, saya sama sekali tidak merasakan hal tersebut lho. Justru saya merasa beruntung bisa mengurus anak dibantu mertua. 

Berikut manfaat mengurus bayi bersama orangtua maupun mertua yang saya rasakan:

 

1. Dapat Bantuan

Mengurus newborn itu tidak semudah yang dibayangkan lho, salah satunya ketika ingin memandikan si Kecil. Soalnya air dalam bak mandi yang bercampur dengan sabun pasti sangat licin, sehingga bayi rawan terjatuh atau terbentur.

Beruntung sepulang dari rumah sakit, saya langsung tinggal di tempat mertua. Jadinya, beliau bisa membantu untuk memandikan si Kecil lantaran ibunya ini masih ngeri memandikan bayi baru lahir.

2. Bisa Me Time

Bayi baru lahir biasanya sering menangis karena kaget melihat dunia luar yang ramai dan bising. Kemudian, selalu bangun dini hari lantaran belum mengenal siang atau malam.

Berkat kehadiran mertua, kami bisa gantian untuk menenangkan si Kecil. Dengan begitu, saya jadi punya waktu lebih untuk istirahat. Apalagi sehabis melahirkan tubuh sedang lelah-lelahnya.

 

2 dari 2 halaman

3. Bayi Dapat Ekstra Kasih Sayang

Kehadiran mertua atau orangtua sendiri dalam mengurus bayi bukan cuma menguntungkan Moms saja, tapi juga bayi. Coba bayangkan, kalau Moms mengurus bayi baru lahir dengan dibantu baby sitter, belum tentu mereka bisa memberi kasih sayang dan perhatian tulus seperti yang dilakukan para nenek atau kakeknya.

4. Sharing Pengalaman

Orangtua tentu sudah berpengalaman bagaimana cara mengurus bayi. Dengan begitu, kita bisa belajar dari mereka bagaimana sih tips menenangkan anak ketika rewel, cara menggendong yang enak seperti apa, langkah-langkah memandikan bayi baru lahir bagaimana, resep membuat MPASI dan lain sebagainya.

5. Terhindar dari Baby Blues

Lebih dari 50 persen ibu mengalami baby blues pasca melahirkan. Faktor penyebabnya bermacam-macam, salah satunya karena terlalu lelah mengurus bayi sendirian.

Jadi, bersyukurlah Moms kalau orangtua atau mertua mau meluangkan waktu untuk ikut mengasuh cucunya. Menjadi ibu memang menyenangkan tapi tidak mudah, apalagi jika Anda baru saja melewati proses persalinan.

Semoga bermanfaat.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

Penampakan Hati Ayam Bertuliskan Angka dan Huruf di Kupang

Tutup Video