Sukses

Kenali Ciri-ciri Orang Hamil, Bagi Anda yang Menunggu Kehadiran Buah Hati

Beberapa ciri-ciri orang hamil hampir sama dengan gejala sakit pada umumnya.

Liputan6.com, Jakarta Kehadiran buah hati merupakan momen-momen yang paling ditunggu bagi pasangan yang sudah menikah. Bagi anda yang baru pertama mengalami masa kehamilan, mungkin tanda-tanda datangnya kehamilan sulit untuk anda kenali.

Beberapa ciri-ciri orang hamil hampir sama dengan gejala sakit pada umumnya. Hal ini akan membuat anda bingung apakah anda benar hamil atau tidak.

Anda harus memperhatikan gejala kehamilan sehingga Anda bisa menemukan waktu yang tepat untuk segera berkonsultasi dan mempersiapkan kehamilan anda.

Ada beberapa tanda awal kehamilan yang bisa dirasakan wanita dan mungkin tak menyadarinya seperti dikutip parenting dan penjelasan Dr. Keya Lahiri, Chief Pediatrician di Dr. D.Y. Patil Hospital yang dilansir Healthmeup, Rabu (23/1/2019):

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Fisik menjadi lebih lemah

 

1. Mudah lelah

Anda belum saja menyelesaikan satu halaman buku sebelum jatuh tertidur. Jika tiba-tiba Anda merasa lelah mungkin ini karena respons hormon yang meningkat di tubuh.

Bagi kebanyakan wanita, kelelahan terus menerus terjadi di trimester pertama, tetapi di trimester kedua berkurang.

Rasa lelah yang berlebih akan membuat anda sering cepat tertidur. Hal ini disebabkan dari perubahan hormon dan juga akibat dari kinerja organ-organ vital untuk membantu perkembangan dan pertumbuhan janin. 2. Sering buang air kecil

Jika Anda sering buang air kecil hal ini dapat termasuk dalam ciri-ciri orang hamil. Selama kehamilan, tubuh memproduksi cairan tambahan, yang membuat kandung kemih bekerja lembur. Walaupun sering buang air kecil, jangan pernah menahannya. Wanita yang hamil biasanya akan terus menerus buang air kecil.

 

3. Bercak dan terlambat menstruasi

Anda mungkin sedang menstruasi. Jika itu lebih sedikit dari biasanya dan beberapa hari lebih cepat dari yang biasanya, Anda sebenarnya bisa saja mengalami pendarahan implantasi, di mana telur yang telah dibuahi menempel pada dinding rahim dan menyebabkan darah sedikit keluar.

Banyak tanda awal kehamilan seperti gejala PMS. Bagaimana membedakannya? Petunjuk yang paling jelas jika menstruasi Anda terlambat.

ciri-ciri orang hamil yang pertama terlihat yaitu setelah beberapa hari berhubungan intim, terdapat bercak pada pakaian dalam atau kram pada perut seperti tanda akan menstruasi. Tanda ini terjadi karena telur yang dibuahi menempel pada dinding rahim. Hal ini dapat terjadi di mana saja antara 6-12 hari setelah pembuahan sel telur.

Hal ini biasanya disebut sebagai pendarahan implantasi. Bercak tersebut juga mirip dengan siklus menstruasi, jadi jangan bingung. Selain itu, banyak sedikitnya pendarahan dan bercak pada seorang wanita mungkin sedikit berbeda.

Hal ini terjadi setelah berhubungan intim. Kondisi ini dapat terjadi selama masa kehamilan Anda dan bukan hal yang perlu dikhawatirkan, tetapi jika bercak tersebut berbau atau ada keluhan lainnya maka jangan ragu untuk menemui dokter.

Jika jadwal datang bulan Anda biasanya lancar namun saat ini terlambat, hal ini mungkin adalah tanda kehamilan. Hal ini disebabkan karena tubuh Anda yang mulai memproduksi hormon progesteron untuk melindungi bayi. Meskipun demikian, wanita dengan jadwal menstruasi yang tidak teratur tidak dapat menggunakan patokan ini.

 

4. Mual (morning sickness)

Kebanyakan wanita mulai mengalami mual-mual sekitar 6 minggu, tapi beberapa bisa mengalami morning sickness sebelumnya. Mual bisa saja tak hanya pagi hari, tapi juga siang dan malam.

Morning sickness akan berkurang ketika memasuki trimester kedua. Morning sickness adalah gejala yang sangat dikenal terkait dengan kehamilan. Mual disebabkan karena peningkatan hormon secara tiba-tiba pada aliran darah.

 

5. Nyeri Pada Payudara dan perubahannya

Jika Anda hamil, maka payudara akan menunjukkan beberapa perubahan, apalagi jika ini adalah kehamilan pertama. Perubahan payudara pun akan disertai rasa sakit atau nyeri di payudara. Payudara juga akan terlihat membesar dan puting Anda akan lebih gelap dan besar.

Ciri-ciri orang hamil dapat dirasakan pada payudaranya, payudara akan terasa lebih lembut dan berat, ada penggelapan di areola dan bahkan vena di dada lebih jelas. Ini bisa menjadi tanda pertama Anda sedang hamil. Kenakan bra yang membuat anda nyaman dan tidak mengganggu aktivitas anda.

Apakah Anda sesak napas ketika naik tangga? Anda mungkin sedang hamil. Pertumbuhan janin membutuhkan oksigen sehingga napas Anda pendek. Kondisi ini mungkin berlanjut sepanjang kehamilan, terutama bayi yang tumbuh mulai memberikan tekanan ke paru-paru dan diafragma.

 

6. Sakit kepala

Tanda awal kehamilan mencakup sakit kepala, akibat perubahan hormon.

 

7. Sakit punggung

Apakah punggung bagian bawah Anda sedikit sakit? Ini bisa jadi ini adalah tanda ciri-ciri orang hamil dan mungkin akan terus terjadi selama kehamilan dengan berat badan Anda dan pergeseran pusat gravitasi akibat postur tubuh.

 

8. Kram

Apakah ini karena PMS atau hamil? Memang sulit dijawab, tapi jika Anda merasa kram pada perut, mungkin rahim Anda meregang karena bersia-siap untuk hadirnya seorang bayi.

3 dari 3 halaman

Tak hanya fisik, perubahan suasana hati pun dirasakan

9. Mengidam atau nafsu makan menurun

Tiba-tiba Anda tak kuat makan banyak jeruk. Atau mungkin Anda ingin makan ikan. Jika sebelumnya Anda tak mengalami masalah dalam makan, bisa jadi tubuh Anda mengisyaratkan anda sedang hamil.

10. Sembelit dan kembung

Jika Anda merasa jadi kembung, mungkin progesteron berlebih karena kehamilan, sehingga memperlambat sistem pencernaan.

11. Perubahan suasana hati

Anda kesal karena suami Anda meletakkan kaus kaki bukan di keranjang? Mungkin karena mood Anda sedang tak bagus karena tubuh menyesuaikan diri dengan hormon baru.

Yakinkan suami Anda jika emosi Anda akan naik turun selama masa kehamilan. Perubahan hormonal juga merupakan ciri ciri orang hamil. Jadi jangan heran jika Anda menangis ketika menonton film dan seketika juga menjadi gembira. Perubahan yang drastis akan berlaku pada saat kehamilan.

12. Suhu tubuh meningkat

Saat hamil, suhu tubuh akan meningkat. Jika kondisi tersebut berlangsung lebih dari dua minggu mungkin karena Anda sedang hamil.

13. Penciuman tajam

Bau sampah saja bisa membuat Anda muntah. Jika Anda tak senang dengan bau tertentu atau sensitivitas meningkat terhadap aroma, mungkin Anda hamil.

14. Pusing atau pingsan

ciri ciri orang hamil ini adalah gejala yang sering digunakan untuk menandakan kehamilan di film. Tapi itu benar adanya. Gula darah menjadi rendah atau tekanan darah membuat pusing. Pastikan Anda cukup makan dan terhidrasi dengan baik.

15. Tes hamil

Anda tak akan tahu pasti apakah Anda hamil sebelum melakukan tes kehamilan. Jika hasilnya negatif dan Anda belum mendapat menstruasi, mungkin karena tes terlalu cepat. Tunggu beberapa hari dan coba lagi. Jika itu hasilnya positif, selamat! Sang buah hati akan segera hadir.

 

Reporter: Anugerah Ayu Sendari

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini