Sukses

Demo Mahasiswa di Kawasan Istana Kepresidenan

8 Penyebab Bayi Menangis Dalam Tidur

Liputan6.com, Jakarta Ketika bayi tertidur nyenyak, orangtua terutama ibu akan merasa lebih tenang. Namun ada kalanya ketika bayi tiba-tiba menangis dalam tidur. Kondisi ini terkadang membuat panik ibu baru. Kira-kira apa penyebab bayi mendadak menangis sesaat setelah terlelap ya? Simak pengalaman Mommy Yenty Jessica dari Babyologist.

Tidur merupakan salah satu kegiatan penting yang wajib dilakukan setiap manusia. Di awal kehidupannya, bayi memiliki durasi tidur yang cukup lama. Namun, seiring bertambahnya usia waktu tidurnya akan perlahan berkurang. Sebagai orangtua, tentu saja kita ingin si Kecil tidur dengan durasi yang lama dan nyenyak. Ada kalanya si Kecil tiba-tiba menangis setelah tertidur sesaat.

Penyebab si Kecil Menangis Saat Tidur

1. Bayi beradaptasi dengan suhu ruangan

Perubahan suhu ruangan yang mendadak dapat menjadi faktor yang mempengaruhi kenyamanan tidur si Kecil. Bayi bisa merasa kaget ketika terjadi perubahan suhu yang signifikan.

2. Suara di sekitar lingkungan

Ketika si Kecil baru tertidur, biasanya Moms akan berbicara pelan dan meninggalkannya dengan perlahan. Karena si Kecil mulai peka terhadap suara sekitar. Tidak jarang si Kecil langsung menangis ketika mendengarkan sedikit suara saat tidur.

3. Perpindahan posisi tidur

Kadang kala si Kecil tertidur di dalam pelukan Moms dan ketika hendak meletakkan si Kecil di tempat tidurnya, si Kecil akan kaget dan menangis.

4. Mimpi buruk

Bayi juga dapat mengalami mimpi buruk. Mimpi buruk pada bayi dapat terjadi karena adanya trauma atau rasa takut ketika si Kecil dalam keadaan aktif.

5. Terkena gigitan serangga

Gigitan serangga bisa menjadi salah satu faktor penyebab si Kecil tiba-tiba terbangun dan menangis karena kesakitan.

6. Si Kecil kelelahan

Mengajak bayi berpergian dapat membuat si Kecil kelelahan. Kadang si Kecil merasa tidak nyaman di dalam perjalanan, hal ini dapat membuat si Kecil menangis di tengah malam untuk menyatakan ketidaknyamannya.

7. Si Kecil Merasa Tertekan

Rasa tertekan pada bayi bisa disebabkan oleh suara keras yang membuatnya terkejut. Kadang kali suara tinggi akibat pertengkaran orangtua di depan si Kecil membuat ia merasa tertekan, sehingga si Kecil menangis dan tidak nyenyak ketika tertidur.

8. Si Kecil Mengalami Night Terror

Night terror berbeda dengan mimpi buruk, seorang yang mengalami night terror tidak mampu mengingat kembali apa yang telah dia lakukan saat tidur. Night terror dapat terjadi karena ada sistem saraf pusat yang mengatur aktivitas otak tiba-tiba menjadi sangat aktif. Bayi akan menangis histeris ketika night terror menyerang.

Semoga bermanfaat.

Loading
Artikel Selanjutnya
Menteri Jonan: Permukaan Tanah Jakarta Sudah Turun 40 Meter
Artikel Selanjutnya
Cuaca Hari Ini: Akhir Pekan, Jakarta Cerah Berawan, Bogor Hujan