Sukses

Cek, 10 Tanda Gangguan Tiroid yang Bisa Berakibat Fatal (2)

Selain perubahan berat badan, kerontokan rambut, berikut tanda awal seseorang terkena gangguan tiroid.

Liputan6.com, Jakarta Bila ada masalah dengan tiroid Anda, baik tidak aktif atau terlalu aktif maka hal ini bisa menimbulkan sejumlah gejala. Sayangnya, gejalanya sulit diketahui. Bahkan 60 persen dari mereka yang menderita penyakit tiroid tidak mengetahui kondisi mereka.

Di bagian pertama disebutkan gejala gangguan tersebut diantaranya berat badan berubah drastis, rambut rontok berlebihan, jantung berdebar, gerakan usus berubah, dan tekanan darah tak stabil. 

Berikut lima gejala lain dari gangguan tiroid seperti dilansir Prevention, Sabtu (12/1/2019).

6. Sering merasa cemas atau depresi

Sebuah studi dari BMC Psychiatry menunjukkan bahwa autoimunitas tiroid terkait dengan kecemasan atau gangguan mood. 

Pakar juga tidak tahu pasti mengapa tetapi penelitian tampaknya menyarankan bahwa hormon tiroid dapat memengaruhi kadar serotonin, yakni bahan kimia otak yang dapat membantu memperbaiki suasana hati dan mengurangi kesedihan dan depresi.

"Karena terlalu sedikit hormon tiroid menyebabkan sistem tubuh Anda melambat, itu dapat menimbulkan gejala depresi," kata profesor kedokteran di divisi endokrinologi, diabetes, dan metabolisme di Perelman School of Medicine di University of Pennsylvania, Anne Cappola.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

7. Gampang merasa lelah

Kita semua bisa lelah, tetapi ketika tiroid Anda mengalami kegagalan fungsi dan memompa terlalu sedikit hormon, Anda akan merasa seperti selalu membutuhkan tidur siang. Itu karena hormon tiroid mempengaruhi keseimbangan energi di seluruh tubuh Anda.

Sebuah studi tahun 2012 yang diterbitkan dalam European Journal of Endocrinology menemukan, individu dengan hipotiroidisme (alias tiroid yang kurang aktif) akan mengalami kelelahan fisik dan mental yang lebih tinggi, tingkat motivasi yang lebih rendah, dan kurangnya aktivitas.

8. Pengeroposan tulang

Kebanyakan dari kita mulai kehilangan kepadatan tulang seiring bertambahnya usia, tapi tiroid yang terlalu aktif dapat mempercepat prosesnya. Karena terlalu banyak tiroid akan melemahkan tulang Anda juga, hingga meningkatkan risiko osteoporosis.

 

3 dari 3 halaman

9. Sering lupa

Salah meletakkan kunci atau lupa nama seseorang di kantor. Ini bisa jadi gejala yang berhubungan dengan usia. Tapi ketika kadar hormon tiroid Anda rendah, hal itu dapat memengaruhi kemampuan untuk berkonsentrasi dan mengingat berbagai hal.

10. Menstruasi tidak teratur

Tiroid Anda juga memengaruhi aktivitas hormon lain dalam tubuh, termasuk hormon reproduksi. Kondisi ini dapat menyebabkan menstruasi tidak teratur. Dalam beberapa kasus, wanita mungkin kehilangan menstruasi atau berjuang dengan infertilitas.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.