Sukses

Cermati 3 Hal Ini Saat Rawat Anak dengan Bantuan Pengasuh

Liputan6.com, Jakarta Tumbuh kembang anak sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar, termasuk keberadaan pengasuh. Simak pengalaman yang dibagikan oleh Mommy Loanita Jaya dari Babyologist berikut ini.

Halo Moms! Di zaman modern sekarang, pasangan muda yang memiliki bayi/ anak pasti hampir semua menggunakan jasa seorang pengasuh anak, nannys/ suster. Namun sebenarnya hal itu sangat mempengaruhi tumbuh kembang anak. Mengapa? Yuk simak penjelasan berikut ini.

Cara anak kita dalam berbahasa/ bertutur kata

Dalam 24 jam, anak kita hampir bersama suster/nannys. Di mana mereka merawat dan menjaga anak kita, maka dari itu penting sekali mengajarkan ke nannys/ suster untuk memberikan bahasa-bahasa yang baik untuk anak kita. Kita juga harus melihat apa saja yang dilakukan setiap harinya oleh pengasuh anak kita. Misalnya, jika pengasuh anak bisa berbahasa Inggris, maka anak kita pun tentu akan bisa belajar untuk berbahasa Inggris. Di luar itu, bahasa Indonesia yang baik harus kita ajarkan ke pengasuh agar anak kita mengerti bahasa yang baik.

Pola pikir/ cara berpikir anak kita

Jika pengasuh memiliki attitude yang baik dan tidak memberikan dampak negatif ke anak kita, maka si Kecil pun tidak akan memiliki pola pikir yang buruk. Apalagi hal itu sudah ditanamkan sejak bayi, maka kita pun harus terus mendampingi pengasuh anak, walau mereka sepenuhnya bekerja untuk menjaga anak kita. Contohnya seperti: jangan melawan ya sama mama, atau jangan lakukan itu ya, itu tidak baik. Dengan nada yang baik dan tidak dengan nada tinggi/ marah-marah.

Kepintaran/ IQ anak kita

Siapa ya Moms yang tidak mau anak kita pintar, maka dari itu penting juga kita mengajarkan ke pengasuh anak/ suster, agar mereka dapat mengajarkan hal-hal yang baik, belajar sekaligus bermain. Bisa kita contohkan di awal, seperti bermain flashcard, menyalakan musik-musik, mengajarkan suara hewan, berhitung standar, dan lain-lain sesuai dengan umur anak.

Jadi kalau tidak repot untuk mengasuh anak sendiri, lebih baik kitalah sebagai orang tua yang mengasuhnya dengan baik, karena hal itu sangat penting bagi tumbuh kembang anak kita. Namun jika orang tua tidak dapat melakukannya karena kesibukan atau yang lainnya, maka ajarkan para pengasuh anak agar melakukan kebiasaan-kebiasaan yang baik untuk anak kita.

 

Semoga bermanfaat.

Evakuasi Korban Banjir di Kabupaten Gowa

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Waspada, Kenali Tanda Bayi Alami Overstimulasi
Artikel Selanjutnya
Tips Sukses Beri ASI Si Kecil Meski Ibu Jalani LDM Usai Melahirkan