Sukses

Kapan Bayi Boleh Minum Air Putih?

Meski air putih baik untuk kesehatan, ada aturan untuk bayi dalam mengonsumsinya.

Liputan6.com, Jakarta Meski air putih baik untuk kesehatan, ada aturan untuk bayi dalam mengonsumsinya. Bayi yang belum genap 6 bulan, belum boleh mendapat asupan air putih, kenapa? Mommy Desi Wijaya dari Babyologist berbagi pengalaman seputar asupan air putih untuk bayi.

Untuk mengetahui aturan minum air putih pada bayi, saya bertanya langsung ke DSA. Ternyata bayi newborn sampai 6 bulan (ketika belum mulai MPASI) TIDAK DIANJURKAN minum air putih, kalau bisa full ASI/Susu Formula.

Namun, mama saya menganjurkan minum air putih walau tetap minum ASI. Apalagi jika bayi minumnya susu formula, karena sifat sufor panas jadi harus diberikan minum air putih. This is super big NO. Karena ASI sendiri sudah 80% mengandung air. Jadi, untuk apa ditambahkan air putih?

ASI itu kandungannya sudah lengkap sekali. Foremilk-nya bisa menghilangkan haus bayi, Hindmilk-nya bisa membuat bayi ternutrisi dan lebih kenyang. Jadi, minum ASI saja selama 6 bulan sudah sangat cukup untuk bayi.

Mengenai susu formula. Susu formula cara membuatnya juga pakai air matang. Jadi berasal dari air juga. Sebaiknya pembuatan susu formula disesuaikan dengan takarannya, jangan diencerkan. Karena jika diencerkan berarti sang bayi mendapat nutrisi kurang dari takaran susunya akibat terlalu banyak air. Kalau di bawah usia 6 bulan, bayi itu sudah minum air juga kok dari ASI / susu formula. Tidak perlu khawatir ya Moms.

Jadi kapan sebaiknya minum air putih? Saat bayi sudah mulai MPASI paling tepat dan itu juga masih kita batasi ya Moms karena konsumsi susunya masih lumayan banyak.

Karena pemberian air putih yang tidak sesuai dosisnya bisa membahayakan bayi loh. Berikut ini risikonya:

  • Risiko bayi diare: risiko bayi diare biasanya karna air mineral yang dikonsumsi bayi tidak dimasak dahulu. Sebaiknya air mineral selalu dimasak di suhu 70 derajat celcius dan diberikan kepada bayi setelah air bersuhu suam-suam kuku.
  • Risiko gizi buruk: karena konsumsi ASI akan sangat berkurang jika bayi ASI diberikan air putih. Mengapa? Karena bayi ASI akan kenyang terlebih dahulu setelah minum air putih.

Semoga bermanfaat.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.