Sukses

5 Penyebab Umum Haid Datang Terlambat

Liputan6.com, Jakarta Bagi wanita yang memiliki jadwal menstruasi rutin, pasti kaget bila haid tak kunjung datang. Namun, haid yang datang terlambat belum tentu tanda hamil.

Ada banyak faktor yang memengaruhinya.Berikut penyebab haid kerap datang terlambat seperti dilansir Good Housekeeping, Senin (10/12/2018).

1. Kontrasepsi

Jika Anda menggunakan kontrasepsi dari jenis pengendalian hormonal, seperti pil dan suntik, datang bulan yang terlambat merupakan hal yang sering terjadi. Itu adalah salah satu efek sampingnya.

2. Obat-obatan

Obat-obatan tertentu, terutama yang dikonsumsi secara rutin juga akan sangat mempengaruhi stabilitas hormon. Salah satu efeknya menstruasi jadi tidak teratur. Biasanya obat yang memicu siklus haid berantakan adalah obat tiroid, steroid, dan antipsikotik (obat untuk gangguan mental).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Olahraga intensif

Olahraga intensif

Jangan meremehkan dampak yang bisa ditimbulkan oleh aktivitas berat seperti latihan yang intensif pada tubuh. Pada beberapa orang, olahraga ini langsung berdampak pada kerja hormon dan mempengaruhi siklus datang bulan.

Stres

Melalui masa-masa sulit seperti perceraian atau kematian orang yang dicintai juga berdampak pada kondisi fisik. Perubahan rutinitas yang mendadak dan berdampak signifikan akan sangat mengganggu keseimbangan hormonal dan bisa membuat datang bulan tidak teratur.

Penurunan berat badan yang ekstrem

Kehilangan banyak berat badan dapat menurunkan produksi estrogen dan membuat menstruasi lebih ringan atau tidak muncul sama sekali. Di sisi lain, peningkatan lemak tubuh juga dapat mengubah tingkat estrogen dan menyebabkan terlambat datang bulan.

 

Laporan Ava Haprin/Dream.co.id

 

Saksikan juga video menarik berikut

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.