Sukses

Pesan Terakhir George HW Bush untuk Putranya Sebelum Meninggal

Liputan6.com, Amerika Serikat Sebelum meninggal pada Jumat, 30 November 2018, Presiden Amerika Serikat ke-41 George HW Bush mengobrol dengan putranya, George W Bush melalui sambungan telepon. Berdasarkan sumber dari orang terdekat keluarga Bush, ada kata-kata terakhir yang disampaikan George Bush Senior untuk anaknya.

Menggunakan speakerphone, mantan Presiden AS ke-43 George W Bush menyampaikan bahwa ayah adalah sosok panutan dalam hidupnya. "Ayah yang luar biasa," katanya. 

Jawaban dari ayahnya, yang menjadi kata-kata terakhir adalah: "Aku juga mencintaimu."

Kata-kata terakhir dari George Bush Senior pertama kali dilaporkan The New York Times, kemarin, Minggu, 2 Desember 2018.

Detik-detik terakhir sebelum mengembuskan napas terakhir, Bush ditanya, apakah ia ingin pergi ke rumah sakit.

George HW Bush dirawat di rumah sakit beberapa kali sepanjang tahun 2018 ini sejak kematian istrinya, Barbara Bush pada 17 April 2018. Ia didera sejumlah masalah kesehatan selama bertahun-tahun, salah satunya penyakit Parkinson, dilansir dari WebMD, Senin (3/12/2018).

Parkinson adalah degenerasi (penurunan kemampuan) sel saraf secara bertahap pada otak bagian tengah yang berfungsi mengatur pergerakan tubuh. Namun, mantan presiden George HW Bush itu menjawab 'tidak (tidak perlu ke rumah sakit).'

 

 

Saksikan video menarik berikut ini:

2 dari 3 halaman

'Siap pergi dengan istri dan putrinya'

George HW Bush juga pernah mengatakan, dirinya dia 'siap untuk pergi' bersama Barbara, istrinya yang berusia 73 tahun serta putri mereka, Robin, yang meninggal karena leukemia saat masih kecil.

Bush yang meninggal pada usia 94 rumahnya di Houston dikelilingi oleh keluarganya, termasuk putranya, Neil Bush dan istrinya Maria juga mantan Menteri Luar Negeri James Baker beserta cucunya, Pierce Bush.

"Ini hal yang sangat emosional," ucap Neil menyaksikan ayahnya meninggal.

"Ya, hari-hari terakhir dari kehidupan yang luar biasa."

Neil melanjutkan, Sabtu, 1 Desember 2018 malam, ia tidak akan pernah lupa, semua anak-anak dan cucu George Bush Senior dapat mengekspresikan cinta mereka kepada Bush pada saat-saat terakhir dalam hidupnya.

"Seluruh keluarga besar berdoa dan menyatakan cinta untuknya," lanjut Neil.

"Itu adalah momen yang indah. Dia berada dalam pelukan keluarga yang penuh kasih. Saya pikir, kami merasa sangat diberkati, kami dapat menyaksikan bagian ini (detik-detik terakhir Bush wafat)."

3 dari 3 halaman

Pemakaman

Bush akan berada di negara bagian US Capitol, sebelum upacara peringatan kematian di National Cathedral, Washington. Kebaktian peringatan akan dilakukan di Gereja Episkopal St. Martin di Houston.

Bush akan dimakamkan di George H.W. Bush Presidential Library di College Station, Texas. Lokasi pemakaman tersebut berdekatan dengan lokasi pemakaman istrinya dan Robin.

Jadwal pemakaman dan rincian lebih lanjut akan diumumkan segera dalam waktu dekat seperti disampaikan juru bicara Bush, Jim McGrath.

Loading