Sukses

Cara Menghilangkan Stres Pikiran Dalam Segala Situasi, Bikin Kualitas Hidup Semakin Membaik

Liputan6.com, Jakarta Pernah merasakan stres? Stres adalah gangguan mental yang dihadapi seseorang akibat adanya tekanan. Tekanan ini muncul dari kegagalan individu dalam memenuhi kebutuhan atau keinginannya. Tekanan ini bisa berasal dari dalam diri, atau dari luar.

Stres tidak selalu buruk, walaupun biasanya dibahas dalam konteks negatif, karena stres memiliki nilai positif ketika menjadi peluang saat menawarkan potensi hasil. Sebagai contoh, banyak profesional memkamung tekanan berupa beban kerja yang berat dan tenggat waktu yang mepet sebagai tantangan positif yang menaikkan mutu pekerjaan mereka dan kepuasan yang mereka dapatkan dari pekerjaan mereka.

Stres bisa positif dan bisa negatif. Para peneliti berpendapat bahwa stres tantangan, atau stres yang menyertai tantangan di lingkungan kerja, beroperasi sangat berbeda dari stres hambatan, atau stres yang menghalangi dalam mencapai tujuan. Meskipun riset mengenai stres tantangan dan stres hambatan baru tahap permulaan, bukti awal menunjukan bahwa stres tantangan memiliki banyak implikasi yang lebih sedikit negatifnya dibanding stres hambatan.

Stres menampakkan diri dengan berbagai cara. Sebagai contoh, seorang individu yang sedang stres berat mungkin mengalami tekanan darah tinggi, jadi mudah jengkel, sulit membuat keputusan yang bersifat rutin, kehilangan selera makan, rentan terhadap kecelakaan, dan sebagainya. Tidak ada cara untuk menghindarinya. Namun ada cara menghilangkan stres yang bisa kamu coba.

2 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stres dalam Segala Situasi

1. Makan sehat

Meski faktor psikologis mempunyai porsi terbesar pada timbulnya stres, faktor fisik juga ikut berkontribusi terhadap respons alamiah manusia. Cara menghilangkan stres pikiran, pastikan kamu memperlakukan tubuh dengan benar. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi makan sehat. Makanan yang mengandung kadar alkali antara lain lemon, kacang, bawang, nanas, biji labu, raspberry, ubi jalar, jus sayuran, dan semangka bisa membantu menghilangkan stres lho.

2. Bangun lebih awal

Memang benar jika semakin banyak tidur, kamu akan lebih sedikit rentan pada stres. Cara menghilangkan stres pikiran selanjutnya adalah dengan bangun 15 atau 20 menit lebih awal setiap pagi yang memiliki manfaat daripada tidur lebih lama.

Dengan tambahan waktu, kamu tidak akan merasa terburu-buru atau mudah letih di pagi hari. Hal ini memungkinkan kamu menghindari diburu waktu, mempersiapkan diri dengan lebih baik, dan makin percaya diri.

3. Biarkan stres memotivasi kamu

Kamu tak akan pernah bisa menghilangkan 100 persen stres. Cara menghilangkan stres pikian adalah membiarkan stres itu sendiri memotivasi kamu. Ya, reaksi psikologis dan fisik yang disebabkan oleh stres seharusnya dapat meningkatkan indera dan memberdayakan kita untuk melawan atau melarikan diri ancaman stres itu sendiri.

Jika kamu tertekan oleh banyaknya pekerjaan di minggu ini, cobalah untuk mengambil waktu lembur setidaknya lebih 3 jam dan ulangi di esok hari. Jika kamu tertekan karena penghasilan terlalu sedikit ? Carilah pekerjaan sampingan untuk mendapatkan lebih banyak uang. Mengambil tindakan adalah salah satu cara yang paling efektif untuk membunuh stres, ketimbang hanya meratapi diri dengan tidak melakukan apa pun yang berarti.

4. Tonton video lucu

Cara menghilangkan stres pikiran paling mudah adalah menonton video lucu di mana pun saat ada kesempatan. Penelitian menunjukkan jika melihat sesuatu yang menyenangkan dapat mengaktifkan bagian otak yang menghasilkan respons ketenangan secara fisiologis dan ketenangan secara menyeluruh. Hal ini dapat mengurangi kecemasan dan kamu akan lebih dimanjakan dengan kebahagiaan.

5. Berjalan-jalan di luar

Cara menghilangkan stres selanjutnya adalah dengan berjalan-jalan di luar rumah. Sama seperti aktivitas kardiovaskular lainnya, berjalan meningkatkan endorfin dalam tubuh. Endorfin akan meredakan depresi ringan dan meningkatkan suasana hati.

Sejumlah studi menunjukkan bahwa menghabiskan waktu di luar rumah adalah cara yang bagus untuk menghilangkan stres. Hal ini dapat meningkatkan tingkat energi dan memori sebanyak 20 persen. Studi di UK menjelaskan jalan-jalan di ruang hijau mengirim pesan pada otak di mana kamu sedang melakukan meditasi.

3 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stres Dalam 5 Menit

1. Tarik napas

Cara menghilangkan stres dalam waktu 5 menit dengan mengatur pernapasan. Psikiater, Dr. Marlynn Wei, mengatakan, pernapasan ritmis adalah latihan mengurangi stres terbaik yang tidak perlu banyak memakan waktu.

Berikut cara menghilangkan stres dengan tarik napas:

Setel waktu selama tiga menit.

Fokus pada napas.

Tarik napas dalam-dalam melalui hidung sembari menghitung sampai lima.

Tahan napas kamu selama lima hitungan.

Buang napas selama lima hitungan.Ulangi untuk sisa waktu, dan perhatikan bagaimana napas kamu menjadi lebih dalam.

2. Jauhkan ponsel

Terus-menerus memeriksa ponsel hanya akan menambah stres, tutur penulis buku Don’t Sweat the Small Stuff, Kristine Carlson. Cara menghilangkan stres paling mudah dan cepat dengan menjauhkan ponsel. Ya, dengan begitu kamu bisa fokus pada diri sendiri dan bagaimana perasaan kamu. Berlatihlah dengan napas perlahan, tutup matamu dan ubah pikiran untuk selalu bersyukur.

3. Gunakan aplikasi meditasi

Aplikasi populer seperti Headspace atau Insight Timer memiliki ratusan pilihan meditasi yang dapat membantu kamu mengatasi emosi hingga membantu mengurangi kecemasan dan depresi. Cara menghilangkan stres dengan aplikasi meditasi ini terbilang mudah banget lho. Nick Allen, seorang profesor psikologi dan direktur Center for Digital Mental Health di University of Oregon, menyarankan untuk membangun latihan meditasi ketika kamu tidak merasa stres.

4. Dengarkan lagu favorit atau musik yang santai

Cara menghilangkan stres pikiran selanjutnya adalah dengan mendengarkan lagu favorit atau musik yang santai nan menenangkan. Emmeline Edwards dari National Institutes of Health, mengatakan terapi musik juga bisa membuat seseorang rileks.

"Indera pendengaran terhubung dengan otak yang menghubungan sistem motorik, serta regulasi emosi," kata Edwards. Bahkan, penelitian menunjukkan musik dapat membantu orang-orang mengatasi gangguan yang berhubungan dengan stres, depresi ringan dan kecemasan.

5. Minum teh

Cara menghilangkan stres pikiran yang mudah dan mengasyikkan adalah dengan minum secangkir teh hangat. Letakkan ponsel dan luangkan beberapa menit untuk fokus pada rasa teh, suhu, serta memperhatikan segalanya. Latihan kesadaran ini membantu kamu menghilangkan pikiran lain, membantu fokus pada sesuatu yang menenangkan.

6. Mencari udara segar

Merasa sangat stres? Cara menghilangkan stres pikiran lainnya adalah dengan mencari udara segar. Monique Tello, seorang dokter di Rumah Sakit Umum Massachusetts, mengatakan bahwa kadang-kadang, pergi keluar untuk udara segar adalah pilihan yang bagus.

"Jika seseorang merasa sangat stres, maka mereka bisa mencari udara segar, melihat alam - air, pohon sebagaimana mereka seharusnya," kata Tello. Strategi ini akan sangat bagus untuk orang-orang yang sering merasa gelisah atau sulit berkonsentrasi saat belajar atau bekerja.

4 dari 4 halaman

Cara Menghilangkan Stres Sebelum Tidur Malam

1. Mandi

Cara menghilangkan stres pikiran yang lainnya dalah dengan mandi. Berendam di dalam bak berisi air hangat adalah cara menenangkan untuk mengakhiri hari. Gunakan sabun beraroma lavender atau gelembung yang dapat membantu melepaskan stres.

2. Dengarkan lagu

Cara menghilangkan stres paling mudah adalah dengan mendengarkan lagu favorit atau musik santai. Dengarkan musik yang berirama lembut untuk mempersiapkan tidur pada malam hari. Satu jam sebelum waktu tidur, matikan semua alat perangkat elektronik kamu dan gantikan dengan Spotify atau iTunes untuk membuat tubuh terasa lebih santai dan tidak stres.

3. Minum teh

Secangkir teh bebas kafein dapat membantu tubuh kamu merasa lebih tenang dan menghilangkan stres sebelum tidur pada malam hari. Cobalah rasa, seperti chamomile, jahe, atau peppermint untuk membuat tidur lebih cepat.

4. Yoga

Yoga akan membantu meregangkan tubuh untuk mempersiapkannya masuk ke dalam waktu tidur. Lakukan beberapa pose yoga yang sederhana, sebelum kamu tidur.

5. Menulis

Menulis jurnal yang sederhana dapat membantu kamu mengelola rasa gelisah. kamu meletakkan kekhawatiran dari kepala ke kertas untuk membantu tidur lebih cepat.

Habiskan beberapa menit sebelum tidur setiap harinya untuk menulis. Namun, jangan memaksakan apa pun ketika tidak ada kata-kata yang meluncur dari kepala kamu sama sekali.

Loading
Artikel Selanjutnya
Anak Bisa Stres, Salah Satu Tandanya Mudah Marah
Artikel Selanjutnya
Top 3: Alasan Pintu Toilet Terbuka di Bawahnya, Cara Stres Merusak Tubuh