Sukses

9 Manfaat Kacang Hijau untuk Ibu Hamil yang Sering Disepelekan

Liputan6.com, Jakarta Kacang hijau adalah sumber makanan yang sangat bernutrisi. Kacang-kacangan yang satu ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan lezat seperti es kacang hijau, bubur kacang hijau, puding, dll. Dibalik kesederhanaannya manfaat kacang hijau untuk kesehatan sangat banyak. Mulai dari mencegah kanker hingga bermanfaat untuk ibu hamil. 

Hal ini berkat kandungan nutrisi yang ada pada kacang hijau sangat penting bagi tubuh. Kandungan gizi kacang hijau, diantaranya adalah:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Kandungan nutrisi pada kacang hijau

Protein

Kacang hijau merupakan salah satu sumber protein nabati tinggi yakni sebanyak 24% (sekitar 7 gram/100 gram kacang hijau). Protein sangat penting bagi tubuh dengan fungsi utamanya untuk pembentukan otot dan sel-sel tubuh. Rambut rontok, pertumbuhan yang tidak maksimal, proses penyembuhan luka yang sangat lama, serta masalah pencernaan merupakan sebagian dari gangguan yang terjadi apabila tubuh kita kekurangan protein. 

Karbohidrat

Kacang hijau menghasilkan sekitar 19 gram/100 gram karbohidrat kompleks. Tubuh membutuhkan waktu lebih lama dibanding biasanya untuk mencerna, namun energi yang dihasilkan lebih stabil. Itulah sebabnya kita akan kenyang meski hanya mengkonsumsi segelas kacang hijau.

Serat

Kandungan serat yang terdapat dalam kacang hijau adalah sekitar 7,6 gram/100 gram. Serat penting bagi tubuh terutama untuk melancarkan pencernaan, mencegah dari konstipasi (sembelit).

Vitamin

Kacang hijau mengandung banyak vitamin seperti vitamin A (157 IU), vitamin B1 (0,72 mg/100 gram), vitamin B2 (0,45 mg/100 gram), dan vitamin C (3,0 mg/100 gram). Konsumsi vitamin A membantu meningkatkan daya tahan tubuh serta memaksimalkan fungsi penglihatan. Vitamin B1 membantu meningkatkan nafsu makan juga memaksimalkan fungsi kerja sistem syaraf. Vitamin B2 membantu penyerapan protein sehingga lebih mudah untuk dicerna. Vitamin C membantu mencegah serangan kanker dengan meningkatkan fungsi kekebalan tubuh dan menurunkan risiko serang jantung.

Asam Folat

Kacang hijau mengandung sekitar 159 µg untuk 100 gram sajiannya. Asam folat penting bagi tubuh terutama, yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh wanita yang sedang hamil. Manfaat asam folat bagi ibu hamil berperan dalam perkembangan janin serta pembentukan sel darah merah.

Lemak

Kandungan lemak yang dimiliki kacang hijau terbilang sangat rendah yang menyebabkan olahannya tidak mudah basi. Kacang hijau mengandung lemak tak jenuh yang penting untuk kesehatan organ jantung kita.

Mineral

Kandungan kalsium (27 mg/200 gram) dan fosfor (99 mg/100 gram) yang terdapat dalam kacang hijau sangat penting bagi perkembangan dan pertumbuhan tulang. Kondisi ini juga akan baik untuk perkembangan janin.

Setelah menyimak kandungan gizinya, tak heran jika manfaat kacang hijau untuk kesehatan sangat banyak. Salah satunya untuk ibu hamil. Nah, berikut ini Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil.

3 dari 6 halaman

Mempertahankan tulang yang kuat dan kesehatan ibu hamil.

1. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil mempertahankan tulang yang kuat.

Kacang hijau mengandung vitamin K. Vitamin tersebut berperan penting dalam pembekuan darah dan menyembuhkan luka. Vitamin ini juga mempertahankan tulang yang kuat pada ibu dan janin dalam kandungan. 

2. Menjaga kesehatan ibu hamil

Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah untuk menjaga kesehatan tubuh. Hal ini berkat kandungan vitamin c pada kacang hijau. Vitamin C adalah sumber antioksidan yang sangat baik untuk mengurangi reaksi radikal bebas. Reaksi radikal bebas tersebut mampu menghasilkan produk sampingan dan juga proses yang dapat berubah menjadi karsinogenik. Antioksidan yang ditemukan dalam kacang hijau sangat berguna untuk menjaga keshatan tubuh ibu hamil.

4 dari 6 halaman

Mencegah infeksi dan menjaga sel dan cairan tubuh

3. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil mencegah infeksi

Sejumlah kandungan vitamin di antaranya seperti Niacin dan Tiamin yang terkandung dalam kacang hijau merupakan salah satu sumber nutrisi yang baik yang membantu mencegah munculnya infeksi di dalam tubuh. 

4. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil menjaga sel dan cairan tubuh

Kandungan kalium dalam kacang hijau membantu tubuh untuk mempertahankan produksi sel dan gerakan cairan tubuh yang lebih baik.

5 dari 6 halaman

Bugar dan sehat, serta menjaga saluran pencernaan

5. Membuat bugar dan sehat selama masa kehamilan

Kandungan mangan dalam kacang hijau membantu dalam melawan radikal bebas karena merupakan co-factor untuk antioksidan. Berkat kandungan tersebut, manfaat kacang hijau untuk ibu hamil adalah membuat bugar dan sehat selama masa kehamilan.

6. Menjaga kesehatan saluran pencernaan

Ibu hamil seringkali mengalami gangguan pencernaan. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil selanjutnya adalah menjaga kesehatan saluran pencernaan. Hal ini karena kacang hijau adalah salah satu sumber makanan yang kaya akan kandungan serat. Serat makanan memiliki banyak manfaat kesehatan. Serat diresepkan untuk orang yang menderita masalah pencernaan. Kandungan serat dalam kacang hijau membantu dalam pencegahan dan pengobatan sembelit, haemorrhoids dan diverticulosis.   

6 dari 6 halaman

Mencegah anemia, mengatasi morning sickness, dan sumber energi

7. Mencegah Anemia

Anemia saat masa kehamilan sangatlah berbahaya, sebab berisiko menyebabkan pendarahan saat persalinan nanti dan juga keguguran. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil adalah mencegah anemi. Dengan mengonsumsi kacang hijau, hal tersebut dapat di hindari karena adanya zat besi yang membantu proses pembentukan hemoglobin darah. 

8. Membantu mengatasi morning sickness

Membantu mengatasi morning sickness merupakan manfaat kacang hijau untuk ibu hamil lainnya. Kandungan Vitamin B2 dan B1 yang terdapat pada kacang hijau, dapat membantu mengatasi gejala muntah serta yang umumnya dialami ibu saat awal kehamilan. 

9. Sebagai sumber energi

Kandungan lain pada kacang hijau yang cukup tinggi adalah karbohidrat. Dengan mengonsumsi kacang hijau maka energi dalam tubuh akan tetap terjaga. Manfaat kacang hijau untuk ibu hamil dan menyusui adalah sebagai sumber energi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini