Sukses

Kena Diabetes Saat Hamil, Bagaimana Nasib Janin?

Diabetes gestasional sering menimpa ibu yang sedang hamil, sekalipun tidak punya riwayat sebelumnya.

 

Liputan6.com, Jakarta Diabetes bisa terjadi pada ibu hamil. Biasa dikenal dengan diabetes gestasional.

Anda yang berencana untuk punya anak, perlu waspada terhadap kondisi kesehatan satu ini. Ini bisa menimpa Anda, sekalipun tidak punya riwayat diabetes sebelumnya.

 "Diabetes gestasional itu diabetes saat ibu sedang hamil. Artinya, gula darah ibu naik saat hamil," kata Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Endokrin, Metabolik, dan Diabetes, Wismandari. 

"Ini bisa terjadi pada ibu yang sebelumnya tidak punya riwayat diabetes," kata dia menekankan pada diskusi Diabetes dalam Kehamilan belum lama ini. 

Menurut Wismandari, jika sudah diabetes, Anda yang sedang hamil harus mengendalikan dan mengontrol gula darah. Caranya, harus rajin berkonsultasi dengan dokter.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Tetap Sehat Saat Hamil

Bisa tetap sehat enggak janinnya? adalah pertanyaan yang seringkali diajukan pasien diabetes gestasional saat sedang konsultasi. 

Wismandari pun menjawab,"Iya, janin bisa tetap sehat. Asalkan, penanganan gula darah dilakukan segera."

Untuk penanganan diabetes pada ibu hamil, dokter biasanya akan memberikan obat insulin. Ini bersifat sementara. Hanya selama hamil saja. 

Setelah melahirkan, ibu yang mengalami diabetes gestasional, gula darahnya otomatis akan turun. Pemberian insulin tidak lagi dilanjutkan usai melahirkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini