Sukses

Awas, Sehelai Rambut Orang Dewasa Bisa Bahayakan Bayi

Lilitan sehelai rambut bisa membahayakan bayi, seperti jari bengkak dan merah.

Liputan6.com, Jakarta Pastikan tak ada sehelai rambut orang dewasa sekitar si Kecil. Lilitan sehelai rambut bisa membahayakan bayi seperti yang dialami Ezra yang tiga jari kakinya jadi memerah dan bengkak.

Ezra, si bayi 10 minggu tak berhenti menangis di pagi itu. Sang ibu, Alex Upton, begitu kaget dengan tangisan anak pertamanya. Setelah mengecek kondisi buah hatinya dari ujung kepala hingga kaki, betapa kagetnya Alex. Sehelai rambut rontok miliknya melilit jemari kaki Ezra.

Lilitan rambut tersebut membuat tiga jari kaki kiri Ezra memerah dan bengkak gara-gara sirkulasi darah di area tersebut terhambat. Diprediksi, sudah 10 jam rambut itu melilit jari-jari kaki Ezra.

Alex langsung memutus lilitan rambut tersebut menggunakan gunting. Namun, ia butuh waktu sekitar 15 menit untuk bisa melepaskan lilitan rambut dari kaki Ezra.

Dokter meresepkan krim antibakteri untuk mengatasi bengkak dan merah di kaki Ezra. Untung saja, beberapa hari kemudian kaki Ezra sudah tak lagi bengkak.

"Sejak saat itu, aku memastikan tak ada rambut panjang di sekitarnya," kata Ezra seperti dilansir laman Today, Rabu (10/10/2018).

Pengalaman itu membuat Alex merasa penting untuk menyampaikannya kepada orangtua lain. Karena sehelai rambut panjang yang rontok bisa berbahaya bagi bayi.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Jarang disadari orangtua baru

Seorang bayi perempuan 19 minggu bernama Molly asal Kansas, Amerika Serikat juga pernah mengalami kondisi serupa. Rambut sang ibu melilit jari kakinya.

"Aku adalah orangtua yang peduli akan keselamatan anakku, tapi aku tidak pernah menyangka hal seperti lilitan rambut ini terjadi pada anak kami," kata sang ibu, Jessica Walker.

Sama seperti Alex, pengetahuan soal bahaya lilitan rambut ini juga tidak diketahui Jessica dan orangtua baru lainnya seperti disampaikan pakar parenting Debi Gilboa.

"Masalah rambut melilit rentan terjadi pada bayi baru lahir, tapi tidak banyak orangtua tahu akan hal ini," kata Gilboa.

Gilboa pun menyarankan kepada orangtua bila mendapati perilaku anak resah dan gelisah tidak seperti biasa, coba cek tubuhnya. Bisa saja, ada rambut yang melilit di tubuhnya.

* Update Terkini Asian Para Games 2018 Mulai dari Jadwal Pertandingan, Perolehan Medali hingga Informasi Terbaru di Sini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.