Sukses

Orangtua Sebaiknya Ajarkan Hal Ini agar Anak Sukses

Sedari kecil ajari anak untuk bisa mengontrol diri dan sabar. Kemampuan tersebut bisa menjadi bekal menuju kesuksesan.

Liputan6.com, Jakarta Zaman sekarang banyak hal jadi terasa lebih mudah dan praktis. Mulai dari mencari informasi di internet atau pesan makanan lewat ojek online terasa mudah. Walau begitu, jangan lupa mengajarkan anak mengontrol diri dan sabar menunggu untuk mendapatkan hal-hal yang diinginkan.

"Kemampuan mengontrol diri merupakan hal vital bagi seorang anak untuk bisa sukses. Tak semua hal bisa terjadi secara cepat," ungkap Amy Morin, seorang psikolog anak seperti dilansir Very Well.

Dengan mengasah kemampuannya untuk mengontrol keinginan, anak akan belajar melalui proses yang panjang. Hal ini akan sangat berdampak pada kematangan psikologisnya.

Dengan kemampuan mengontrol diri yang mumpuni, anak-anak bisa mengantre dengan sabar, menunggu giliran saat bermain gim dan berpikir panjang sebelum bertindak. Mereka juga cenderung lebih sukses dibanding teman-temannya karena mampu melawan tekanan teman sebaya (peer presure).

"Kontrol impuls memberikan kontribusi bagi keberhasilan akademis juga. Kontrol diri dua kali lebih penting daripada kecerdasan ketika menyangkut prestasi akademik, menurut peneliti ilmu saraf Sandra Aamodt dan Sam Wang," ungkap Morin.

 

 

Saksikan juga video menarik berikut:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kritis pecahkan masalah

Anak-anak yang dapat mengendalikan keinginannya lebih mampu berpikir tentang hal yang harus dilakukan sebelum bertindak. Mereka juga memiliki keterampilan berpikir kritis yang lebih baik untuk memecahkan masalah. Mereka dapat mentolerir lebih banyak tekanan ketika memecahkan masalah.

Lalu bagaimana cara melatih anak untuk mengontrol keinginan dirinya? Mulai sekarang jangan selalu langsung mengiyakan keinginan anak. Minta ia menunggu. Misalnya jika si kecil ingin menonton televisi, mintalah untuk menunggunya 15 hingga 20 menit lagi.

Ajak anak ikut mengantre saat membayar belanjaan. Minta anak untuk bermain secara bergantian saat di playground. Atau saat ia menginginkan mainan tertentu, ajak si kecil untuk menabung. Kuncinya adalah selalu latih si kecil untuk mengontrol keinginan dan berusaha untuk mewujudkannya dengan usaha sendiri.

Penulis: Mutia

Sumber: dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.