Sukses

Perhatikan Ini Sebelum Beli Mainan Anak

Selain harga yang menyesuaikan kantong, tapi mainan tersebut sudah mendapatkan label SNI.

Liputan6.com, Jakarta Membeli mainan anak merupakan hal biasa yang dilakukan orangtua. Namun, saat akan membeli sebuah mainan anak perhatikan bukan hanya harga, juga pastikan sudah ada label Standar Nasional Indonesia (SNI).

"Saat ini yang kurang diedukasikan kepada orangtua adalah menjelaskan fungsi label SNI pada mainan," ungkap Secretary General Asosiasi Pengusaha Mainan Indonesia (APMI), Johan Tandanu dalam pembukaan acara International Toys & Kids Expo 2018, di JIExpo Kemayoran beberapa waktu lalu.

Jika orangtua membeli sembarangan mainan anak tanpa SNI, bisa saja menimbulkan insiden luka atau cidera. SNI sendiri diterapkan adalah untuk melindungi anak, bukan untuk pengusaha atau pedagang mainan anak.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Kenalkan mainan tradisional

Dalam memilih mainan untuk anak orangtua seringkali kebingungan. Namun jika melihat fungsi dan maknanya yang lebih dalam bukan sekedar untuk hiburan, cobalah untuk mengenalkannya dengan permainan tradisional, seperti congklak, bekel atau mainan lainnya.

Johan Tandanu, Secretary General Asosiasi Pengusaha Mainan Indonesia (APMI), berharap para orangtua kini lebih kritis dalam memilih mainan untuk anak. Tidak meninggalkan permainan tradisional dan memilih mainan kekinian yang juga memiliki aspek pendidikan.

" Nantinya kami akan  membantu untuk orangtua yang tidak terlalu paham bahwa setiap mainan ada manfaat pembelajaran hal baru, bukan hanya membuat anak senang,” ujar Johan.

 

Penulis: Qonita Lutfia

Sumber: dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini