Sukses

Dari Sudut Pandang Islam, Inilah Hak Anak yang Harus Orangtua Penuhi

Orangtua berkewajiban memenuhi hak seorang anak menurut ajaran islam

Liputan6.com, Jakarta Islam punya pandangan sendiri terkait hak-hak dari seorang anak yang harus orangtua penuhi. Perhatikan itu, karena anak merupakan titipan Allah SWT yang sudah selayaknya untuk dijaga dan dirawat sampai mereka dewasa. 

Tidak hanya secara sosial kemasyarakatan, tapi Islam telah membagi hak anak menjadi dua; sebelum dan sesudah anak lahir.

Dikutip dari bincangsyariah, beberapa hak anak sebelum lahir yang diatur dalam Islam yaitu memiliki orangtua yang saleh dan salehah. Ini mengharuskan para orangtua untuk menjadi pribadi yang sholeh dan sholehah karena nantinya akan ditiru oleh anak-anak mereka.

Untuk hal ini, Rasulullah Muhammad SAW berpesan agar sebelum menikah, setiap pria maupun wanita memilih pasangan yang baik. Pesan ini tertuang dalam hadis riwayat Ibnu Majah dari Aisyah RA.

"Pandai-pandailah memilih untuk tempat nutfah kalian, nikahilah wanita-wanita yang setara, nikahilah mereka."

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Orangtua Harus Mengikuti Sunah Rasullah

Kedua, orangtua yang berusaha mengikuti sunah-sunah Rasulullah ketika berhubungan badan. Hal ini seperti disabdakan Rasulullah dalam hadis riwayat Bukhari dan Ibnu Abbas.

"Dengan menyebut Nama Allah, Wahai Allah jauhilah kami dari setan, dan jauhkanlah apa yang engkau rezekikan kepada kami dari setan. " Sungguh jika ditakdirkan di antara keduanya seorang anak, maka setan tidak akan membahayakannya selamanya."

Ketiga, doa orangtua untuknya agar lahir sebagai anak sholeh atau sholehah. Banyak ayat Alquran yang memuat doa para nabi agar mendapat anugerah anak sholeh.

Salah satunya seperti doa Nabi Zakariya AS dalam Surat Ali Imron ayat 38.

"Di sanalah Zakariya berdoa kepada Tuhannya seraya berkata: " Ya Tuhanku, berilah aku dari sisi Engkau seorang anak yang baik. Sesungguhnya Engkau Maha Pendengar doa."

Sedangkan keempat, dijaga saat masih dalam kandungan. Orangtua harus menghindari perkataan buruk, cacian, dan segala ucapan tidak baik.

Penulis : Ahmad Baiquni / Dream.co.id

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.