Sukses

Stok Trombosit Darah di PMI Bandung Menipis, Warga Perlu Bawa Donor Sendiri

Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung menyatakan hanya tiga labu (kantong darah) darah jenis trombosit (TC) yang bisa di produksi pada pertengahan bulan Juli 2018.

Liputan6.com, Bandung Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung menyatakan hanya tiga labu (kantong darah) darah jenis trombosit (TC) yang bisa diproduksi pada pertengahan Juli 2018.

Trombosit atau keping sel darah merupakan salah satu komponen darah yang mempunyai fungsi utama dalam pembekuan darah. Trombosit akan bekerja dengan menutupi pembuluh darah yang rusak dan membentuk benang-benang fibrin seperti jaring-jaring yang akan menutup kerusakan tersebut.

Menurut juru bicara PMI Kota Bandung Priyo Handoko tiga labu darah jenis trombosit itu, terdiri dari golongan darah A satu labu, golongan darah O satu labu dan AB satu labu. Priyo menjelaskan khusus untuk golongan darah B, stoknya kosong.

"Trombosit banyak pengambilan per harinya namun bisa cepat terganti persediaannya oleh darah dari pendonor berikutnya. Permintaan paling banyak untuk darah jenis trombosit berasal dari dumah sakit," ujar Priyo Handoko pada Health-Liputan6.com, Rabu (18/7/2018).

Priyo mengatakan sementara untuk jenis darah Packed Red Cell (PRC), Fresh Frozen Plasma (FFP) dan Anti Hemophilic Factor (AHF), stoknya cukup berlimpah. Priyo menjelaskan untuk darah PRC tersedia 384 labu, terdiri dari golongan darah A 80 labu, golongan B 166 labu, golongan O 116 labu dan AB 22 labu.

Sedangkan untuk jenis darah FFP tersedia 604 labu, terdiri dari golongan darah A 188 labu, golongan B 138 labu, golongan O 121 labu dan AB 157 labu. Priyo menambahkan jenis darah AHF secara keseluruhan tersedia 203 labu.

"Terdiri dari golongan darah A 58 labu, B 58 labu, O 46 labu dan AB 41 labu," ujar Priyo.

 

Saksikan juga video menarik berikut:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Bawa Donor Sendiri

PMI Kota Bandung menyatakan jenis darah PRC dibutuhkan sebagai pengganti sel darah merah pada pasien anemik, dan apa bila diigunakan bersama cairan kristaloid untuk pasien perdarahan akut.

Jenis darah FFP dibutuhkan untuk mengatasi defisiensi faktor koagulasi yang masih belum jelas dan defisiensi anti-thrombin II, dan AHF yaitu komponen dalam darah yang digunakan untuk pasien yang menderita Hemofili (penyakit gangguan dalam pembekuan darah).

Guna memenuhi stok darah yang ideal, untuk itu kami menghimbau kepada warga yang membutuhkan darah, diharapkan membawa donor pengganti atau donor keluarga saat datang ke Unit Transfusi Darah PMI. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.