Sukses

Kelainan Tulang Belakang Ini Bikin Payudara Terlihat Besar Sebelah

 

Liputan6.com, Jakarta Skoliosis atau kelainan tulang belakang, ternyata bisa menyebabkan payudara perempuan terlihat besar sebelah. Hal ini diungkapkan oleh Ahli Fisiologi dan Anatomi Labana Simanihuruk, B.Sc.

"Apakah orang dengan skoliosis payudaranya terlihat besar sebelah? Saya jawab iya. Karena rotasi dari tulang belakangnya," jelas Labana dalam seminar media Scoliosis Care di kawasan Cikini, Jakarta. Ditulis Rabu (18/7/2018).

"Misalnya tulang belakangnya punya 5 atau 10 derajat kurva rotasi, kan berarti muter. Misalnya dia memutar ke kanan, dada kanan jadi mundur ke belakang dengan ukuran payudara yang sama, yang kanan akan jadi kelihatan lebih kecil," tambah ahli dari San Diego State University ini.

Sehingga, secara ketika dilihat oleh orang lain, maka payudara orang penderita skoliosis akan terlihat lebih besar sebelah.

Walaupun begitu, Labana mengatakan tidak ada hubungan antara ukuran payudara dengan terjadinya skoliosis.

Simak juga video menarik berikut ini:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Deteksi skoliosis

Pakar dari Scoliosis Care, dokter Ninis Sri Prasetyowati mengatakan, perempuan lebih rentan terkena skoliosis. Menurutnya, ini karena wanita memiliki jumlah otot yang lebih sedikit ketimbang pria. Sehingga, apabila terjadi pembengkokan pada tulang, otot wanita memiliki pertahanan yang lebih lemah.

Untuk melakukan deteksi apakah Anda memiliki skoliosis atau tidak, mintalah orang lain untuk melihat bentuk tubuh dari belakang.

Perhatikan apabila ada bahu asimetris atau miring, tonjolan tulang bahu, kurva yang terlihat, pinggul dan pinggang yang miring.

Selain itu, cobalah membungkuk dan rasakan apabila ada punuk di punggung atas atau bawah. Jika memiliki beberapa hal tersebut, bisa jadi merupakan pertanda Anda mengalami skoliosis.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.