Sukses

Cara Paling Ampuh Cegah Sakit dan Flu

Ada cara mudah dan sehat, sekaligus tanpa obat, untuk mencegah datangnya flu.

Liputan6.com, Jakarta Ada cara mudah dan sehat untuk mencegah datangnya flu. Bukan dengan obat, cukup dengan olahraga rutin tiap hari.

Ahli kesehatan dari Appalachian State University, David Nieman, mengatakan olahraga merupakan senjata paling ampuh mencegah penyakit, termasuk flu. Sebab, olahraga dapat meningkatkan daya tahan tubuh. Teknisnya, olahraga akan meningkatkan pergerakan sel darah putih yang berperan melawan serangan virus dalam tubuh.

Untuk urusan flu, sebuah penelitian mengatakan kalau olahraga seperti jogging, bersepeda, atau berenang selama minimal 20 menit setiap hari bisa meningkatkan kekebalan tubuh dalam menangkal serangan virus influenza. Olahraga masih bisa dilakukan meski orang tersebut sudah terserang flu. Namun, kita harus memperhatikan jenis obat yang dikonsumsi.

"Sejumlah obat flu mengandung dekongestan yang bisa meningkatkan kerja jantung. Jadi olahraga yang dilakukan pun jangan terlalu keras untuk menjaga jantung tidak bekerja terlalu keras," ucap Nieman seperti dikutip dari Indiavision, Kamis (28/6/2018).

Yang jelas, olahraga bisa jadi solusi yang baik untuk mencegah flu ketika cuaca tidak bersahabat bagi tubuh. Perubahan cuaca yang tidak menentu dapat berpengaruh buruk bagi daya tahan tubuh.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.